Bobby Bersama Relawan Kunjungi Penderita Stroke yang Tak Dapat Gunakan BPJS Kesehatan
Bobby Bersama Relawan Kunjungi Penderita Stroke yang Tak Dapat Gunakan BPJS Kesehatan

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution turut menyertai calon Wali Kota Medan tersebut saat mengunjungi salah satu warga tidak mampu, dimana yang bersangkutan tidak dapat mempergunakan BPJS Kesehatan.   Warga tersebut, Syarifudin, tinggal di Jalan Pinang Baris 1-A, kawasan Medan Sunggal 22 September 2020 lalu.

Bobby ditemui oleh Ertidewi, istri dari Syarifuddin. Masalah yang dihadapi Ertidewi cukup pelik. Pria berusia 52 tahun ini menderita stroke sejak enam bulan lalu, dimana penyakitnya ini bertambah parah karena tidak berobat. Kondisi semakin buruk sejak ia sempat terjatuh, dimana ia merasa kesakitan, kejang, hilang ingatan dan juga sering menyakiti diri.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

“Karena kondisi (keuangan) tidak mencukupi, bapak (Syarifuddin) baru bulan lalu dibawa berobat. Tapi tidak bisa ditanggung BPJS (Kesehatan), makanya kami pulang,” kata Ertidewi. Ia memaparkan BPJS Kesehatan yang mereka miliki adalah Penerima Bantuan Iuran, tetapi, ia tidak dapat menggunakannya, dimana pihak kelurahan menyatakan bahwa sistem tidak mendeteksi data Syarifuddin.

“Kata rumah sakit datanya ganda, sudah ada orang lain yang memakai nomor KK kami atas nama Syarifuddin. Padahal BPJS saya dan anak-anak masih aktif semua, hanya bapak (Syarifuddin) yang tidak bisa menggunakan BPJS ini,” katanya. “Mereka bilang memang sering terjadi hal-hal seperti itu. Rata-rata yang mengurus KTP tembak (ilegal), dengan mengambil data bapak.”

Ertidewi tentu merasa tertekan karena ia sendiri juga harus merawat anak bungsunya, Fanny yang selama 17 tahun menderita keterbelakangan mental.  “Beginilah, mereka berdua tidur di sini (ruang depan). Saya yang menjaga, kalau lagi ada catering dibantu jaga oleh adik yang juga tinggal disini,” kata Ertidewi. Selama ini ia memiliki usaha catering yang maju. Karena itulah, sebelum Syarifudin sakit, ia yang bertugas menjaga Fanny.

Ertidewi tinggal bersama dengan Syarifudin, Fanny dan kakak-kakaknya dan menumpang di rumah dari salah satu keluarga Syarifuddin. Padahal, rumah ini sudah menampung lima keluarga besar.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kemanusiaan yang memang sering dilakukan oleh Bobby Nasution sejak lama, karena memang Bobby memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Sugiat Santoso yang merupakan Juru Bicara Tim Pemenangan Bobby Nasution dan H Aulia Rahman berkata dimana bahwa kunjungan ini adalah bentuk kepedulian. “Laporan yang kami terima BPJS Kesehatan juga tidak ada,” paparnya. Turut hadir saat itu adalah Ketua Perkumpulan Darmais Kota Medan.

Bobby memberi motivasi kepada Ertidewi, dan akan memberikan solusi secepatnya, termasuk kepada mereka yang juga mengalami hal yang sama. “Apa yang kira-kira menjadi kendala keluarga ini, mudah-mudahan kami bisa membantu. Mungkin bukan serta merta menjadi solusi permasalahan, tapi mungkin ada sedikit bantuan yang kami berikan yang bisa dimanfaatkan keluarga pak Syarifuddin,” kata Bobby. Tidak sekedar memotivasi, Bobby juga membawa tim medis untuk menangani kasus Syarifuddin.

Kunjungan ke rumah Syarifudin dilanjutkan dengan kegiatan sosial lainnya, dimana ia mengunjungi Gang Bersama Pinang Baris. Ternyata warga telah menunggunya untuk dapat mendengar visi dan misi Bobby, serta menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

“Seperti contoh pak Syarifuddin, tidak bisa mendapatkan BPJS Kesehatan. Jika warga yang tidak dapat BPJS, KTP, atau belum mendapatkan PKH bisa memberitahukan,” jelas Bobby kepada semua warga yang hadir.

“Segala permasalahan akan coba kami tuntaskan. Karena ini sebenarnya merupakan tanggungjawab Pemko Medan. Anggaran Kota Medan cukup untuk BPJS Kesehatan kelas 3 gratis. Selain itu PHK kuota yang diberikan, Insha Allah akan dinaikan kalau kita jadi (wali kota),” paparnya. Tak lupa, Bobby meminta doa serta dukungan dalam Pilkada 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here