Bobby Nasution dan Komunitas Relawan Turut Dukung Perkembangan UMKM Medan
Bobby Nasution dan Komunitas Relawan Turut Dukung Perkembangan UMKM Medan

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution  turut memberi dukungan penuh kepada para pelaku UMKM di seluruh Kota Medan. Terlebih, mayoritas dari tim relawan tersebut adalah juga para pengusaha muda.

Dukungan tersebut merupakan himbauan dari sang calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang selama ini tidak pernah mengabaikan perhatian kepada para pelaku UMKM. Hal ini terbukti dari ajakan kolaborasi Bobby kepada pemilik usaha kecil, untuk ajang promosi produk mereka.

Salah satu bentuk kolaborasi yang sudah disambut oleh Bobby adalah teri bajak. Produk khas Kota Medan ini memang sangat ternama, tidak hanya di kalangan masyarakat lokal, tetapi di seluruh Indonesia. Bobby mengunggah videonya yang sedang menikmati makanan khas Medan tersebut. Menurut Bobby, rasanya sangat lezat, gurih, dan tentu sangat pedas sehingga semakin menggugah selera makan.

Sekedar informasi saja, produk ini adalah andalan dari salah satu produsen UMKM yang terletak di jalan Bajak, di kota Medan, tepatnya di Medan Amplas. Nama Bajak ini sebenarnya tidak hanya diambil dari tempat asal produk ini, tetapi juga merupakan jenis sambal, yang menjadi bumbu utama dari teri ini.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Produk ini ternyata juga merupakan produk kesukaan Bobby.  Dalam videonya, Bobby mengatakan bahwa ia sangat menyukai produk ini, saat dikonsumsi dengan nasi putih dan juga nasi goreng.

Menurut Bobby, makanan ini memiliki rasa yang khas. Terlebih, kemasannya juga sangat praktis, dengan lapisan kedap udara, namun dapat dengan mudah dibuka. Tentu, hal ini memudahkan siapa saja untuk membawanya, serta mengkonsumsinya dimanapun. Saat ini, Teri Bajak juga menjadi oleh-oleh khas Medan yang sangat diminati.

Dalam video tersebut, Bobby juga sempat memberikan saran kepada para pelaku UMKM, bukan hanya kepada pemilik Teri Bajak. Ia memberikan semangat untuk terus berkarya. Selain semangat, ia turut memberikan sedikit tips bagi para pelaku usaha, untuk melakukan dua hal penting.

Pertama adalah inovasi. Bagi Bobby, inovasi merupakan salah satu cara paling ampuh untuk dapat dikenal publik. Pengusaha yang tidak memiliki produk inovatif akan sulit bersaing dengan pengusaha lain yang menawarkan produk serupa.  Inovasi akan sebuah produk atau jasa dapat mendongkrak penghasilan produsen.

Hal kedua adalah adaptasi. Beradaptasi, menurut Bobby, merupakan salah satu cara untuk dapat bertahan pada keadaan. Selama pandemi Covid-19, hampir semua bidang usaha tiarap. Hal ini sudah terjadi sejak bulan Maret 2020. Tanpa adaptasi serta inovasi, maka pengusaha tidak akan mampu bertahan. Tidak hanya itu, para pengusaha juga disarankan untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi , tanpa mengabaikan kualitas.

Himbauan Bobby ini bukan sekedar ucapan semata. Ia membuktikan bahwa ia dapat membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka secara gratis. Bobby menawarkan review produk kepada siapapun yang ingin produknya dipromosikan oleh Bobby melalui akun media sosial yang dimilikinya. Tagar #DukungUMKMMedan bukan sekedar tagar penggembira media sosial, tetapi tindakan nyata dari calon Wali Kota Medan ini.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Hal serupa juga dilakukan oleh para komunitas relawan Bobby Nasution. Mereka pun turut mendukung gagasan tersebut, karena mereka menyadari bahwa KolaborasiMedanBerkah adalah bentuk kolaborasi yang dapat mewujudkan Kota Medan sebagai kota yang berkah, dengan masyarakat yang memiliki kehidupan perekonomian yang bagus.

Kolaborasi antara pemilik usaha tidak hanya dapat menunjang promosi, tetapi juga produksi. Kolaborasi, menurut Bobby, adalah kunci keberhasilan warga Kota Medan, terutama bagi para pelaku usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here