Bobby Nasution Dorong Pelaku UMKM Untuk Mau Kolaborasi Promosikan Produk

Kolaborasi Medan Berkah –  Komunitas Relawan Bobby Nasution  terus mengikuti arahan dari Bobby Nasution untuk mendorong para pelaku UMKM agar mau berkolaborasi dalam upaya promosi produk. Program #KolaboborasiMedanBerkah yang selama ini dicanangkan oleh calon Wali Kota Medan ini diyakini menjadi titik balik dari kesuksesan para pengusaha atau pelaku UMKM. Hal ini diungkapkan oleh Vanessa Harahap, salah satu pelaku UMKM di Kota Medan.

Vanessa sendiri telah mencoba bagaimana kolaborasi bersama Bobby Nasution telah membawa banyak kemajuan untuk bisnisnya, yakni Teri Bajak. Produk oleh-oleh asal Medan tersebut semakin dikenal setelah Bobby melakukan review produk tersebut di akun Facebook miliknya.

Produk yang telah diperkenalkan kepada publik sejak tujuh tahun lalu ini sempat berkibar. Namun, seperti halnya para pelaku usaha di seluruh Indonesia, usaha Vanessa mengalami penurunan omset secara drastis semasa pandemi.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Ia menjabarkan hal ini saat di studio Kolaborasi di Jalan Cik Ditiro, Medan. Pada acara bincang-bincang pada 25 Juni 2020 itu, ia sangat menghargai ajakan Bobby, sekaligus mengajak semua pelaku UMKM untuk berkolaborasi demi kemajuan bisnis.

Menurut Vanessa, upaya ini adalah salah satu langkah inovatif. Ia berujar bahwa hal ini sangat penting. Terbukti, ia dapat mempertahankan bisnisnya di tengah hantaman resesi ekonomi saat ini. Setelah sempat mengalami penurunan pendapatan, kini ia masih dapat bertahan.

“Tentu ada pengaruhnya, apalagi segmen Teri Bajak oleh-oleh khas Medan. Banyak pengaruhnya menurunkan pendapatan. Apalagi pengiriman luar kota yang terhambat. Serta tidak ada wisatawan yang berkunjung,” kata pengusaha wanita yang kreatif ini.

Pada kesempatan tersebut, ia menceritakan proses, dimana pandemi melanda hingga memporakporandakan bisnisnya. Padahal, produknya sudah merambah di seluruh Indonesia, terutama karena para wisatawan yang mampir ke Medan selalu membeli Teri Bajak untuk dikonsumsi langsung ataupun untuk oleh-oleh.

Ia mengungkapkan beberapa alasan mengapa terjadi penurunan pendapatan. Ia mengatakan bahwa selain para pembeli sedang mengalami krisis ekonomi, mereka juga enggan membeli makanan olahan karena takut tertular virus corona. Tidak hanya itu, proses pengiriman barang—baik di kota Medan maupun di luar kota—mengalami kendala.

Sebagai pengusaha yang sudah memulai bisnis sejak nol, ia tentu tidak ingin tinggal diam dan membiarkan bisnisnya bangkrut. Inovasi terus ia eksplorasi. Selain itu, tawaran kolaborasi pun menjadi sangat berarti. “Berpikir, apa yang bisa dilakukan. Mulai promo dan iklan yang tepat, harus memberikan yang terbaik buat buyer agar mau beli,” katanya.

Saat ini, ia benar-benar memaksimalkan promosi secara daring ketimbang secara konvensional. Ia menganggap bahwa promosi konvensional atau offline sudah tidak lagi populer dan efektif. Inovasi dalam promosi dan juga perubahan kemasan supaya lebih menarik juga sudah ia lakukan.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan komika Digidoy untuk membuatkan kemasan menarik. Berbagai kolaborasi lain juga sekarang kita nantikan, untuk meningkatkan penjualan,” jelasnya.

Bobby Nasution yang sempat melakukan review untuk produk Vanessa. Tentu hal ini sangat membanggakannya. Kolaborasi ini merupakan hal positif yang harus ia sikapi dengan terbuka. Sebagai pelaku UMKM, ia berharap banyak dengan Bobby, apabila suatu saat ia mendapatkan amanah sebagai Wali Kota Medan.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Giatkan Kolaborasi Pola Pikir Kaum Millennial

“Kita pelaku UMKM merasa bisa diperhatikan. Kayak (seperti, red) kehidupan, UMKM butuh perhatian. Juga kasih sayang,” papanya. Vanessa melanjutkan bahwa semua pelaku UMKM berharap Bobby Nasution nantinya akan memiliki program nyata demi terbukanya peluang UMKM untuk dapat mengembangkan usaha.

“Seperti dalam pengurusan administrasi perizinan yang selama ini cukup sulit, menjadi bisa lebih mudah. Apa yang memang bisa dilakukan memudahkan para pelaku UMKM, ya do it (lakukan, red). Kita tunggu kedatangan Bang Bobby di Teri Bajak untuk review lagi, langsung di lokasi,” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here