Bobby Nasution: New Normal Harus Menjadi Kebangkitan Pengusaha Muda Medan
Bobby Nasution: New Normal Harus Menjadi Kebangkitan Pengusaha Muda Medan

Kolaborasi Medan Berkah –  Selama ini,  Komunitas Relawan Bobby Nasution memandang Bobby sebagai tokoh muda panutan karena kiprahnya dalam berbisnis. Karena itu, mereka menganggap bahwa Bobby layak menyandang predikat sebagai orang nomor satu di Medan.

Menurut mereka, seorang walikota tidak hanya harus tahu tentang pemerintahan, tetapi juga mengelola sumber daya manusia dengan ragam karakter. Para relawan sepakat dengan Bobby yang ingin Kota Medan maju dalam perekonomian, dengan karakter masyarakatnya yang suka kerja keras, inovatif, dan pantang menyerah.

Para relawan tersebut turut menghadiri Diskusi Publik Tatanan Kehidupan Baru New Normal Bagi Warga Kota Medan. Beberapa dari mereka turut mendampingi calon Wali Kota Medan tersebut di Studio Al-Wasliyah.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Acara yang ditayangkan secara streaming ini dilakukan 9 Juni 2020 silam. Selain Bobby, narasumber lainnya yang ada pada acara tersebut adalah anggota DPRD dari fraksi PAN, Edi Saputra,. Tampil sebagai moderator adalah Eko Marhaendy, yaitu Ketua Badan Kajian Strategi Al Washliyah Sumatera Utara.

Pada acara ini, Bobby banyak memberikan pengalamannya sebagai pengusaha muda, yang juga merintis dari nol. Ia mengatakan bahwa pengusaha yang memulai usaha kecil harus memiliki ide-ide kreatif, sehingga tidak tenggelam dalam persaingan. Apalagi saat ini, pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan juga mengalami penurunan daya beli.  Pengusaha kecil dapat memanfaatkan peluang ini, dengan menciptakan produk atau jasa yang selalu dibutuhkan masyarakat, namun dengan harga yang terjangkau.

Sebagai seorang pengusaha, Bobby juga memahami bahwa saat ini semua sektor perekonomian terpukul. Tetapi menurut pria dengan nama lengkap Muhammad Bobby Afif Nasution tersebut yakin bahwa para pengusaha Kota Medan memiliki karakter kuat dan pantang menyerah. Bahkan para pelaku usaha kecil dan menengah dapat bersaing dengan pengusaha kelas kakap, karena semua pemilik usaha sama-sama harus bersaing dari bawah.

Persiapan tatanan kehidupan baru atau new normal harus menjadi agenda penting dari para pelaku UMKM, terutama para pengusaha muda. Dalam tatanan kehidupan baru atau new normal, Bobby mengatakan bahwa kesempatan emas para pelaku usaha pemula dapat dimulai.

Mereka yang baru memulai usaha sama-sama menjaring pelanggan dengan para pengusaha kelas kakap yang sempat mengalami penurunan pemasukan. Pengguna barang dan jasa saat ini juga akan mencari produk barang atau jasa dengan harga sesuai anggaran yang mereka miliki.

Keberhasilan para pengusaha untuk mulai bersaing pada tatanan kehidupan baru nantinya tergantung dari kedisiplinan mereka juga, kata Bobby. Ia berkata bahwa saat ini masih banyak pemilik usaha yang masih belum disiplin dalam memberlakukan peraturan physical distancing.

Terutama bagi pemilik usaha kuliner, lanjut Bobby, yang masih mengijinkan banyak orang yang datang berkunjung dan menikmati hidangan di lokasi. Penyebaran virus corona tidak akan segera berakhir apabila kedisiplinan masyarakat masih kurang.

Baca juga: Bobby Nasution Kunjungi Warga Medan yang Makan Hanya Pakai Penyedap Rasa

Masyarakat Kota Medan, lanjut Bobby, membutuhkan campur tangan pemerintah lebih banyak selama masa pandemi ini. Ia mengatakan bahwa banyak tindakan sanksi kepada pemilik usaha yang melanggar protokol kesehatan.

Tetapi, banyak pula pemilik usaha yang tidak  mendapatkan solusi, padahal mereka juga memerlukan nafkah untuk bertahan hidup. Menurutnya, pemerintah perlu melakukan pendataan lebih lanjut, sehingga pemetaan untuk pemberian bantuan dalam bentuk apapun dapat dilakukan secara tepat sasaran.

Pelaku UMKM di Kota Medan juga perlu mendapatkan wadah yang terorganisir. Hal ini akan memudahkan pemerintah kota dalam melakukan pemetaan pelaku bisnis, sehingga penataan kota dalam pergerakan laju ekonomi dapat lebih mudah dilakukan. Hal inilah yang akan menjadi visi Bobby Nasution.

Dengan bantuan dari Komunitas Relawan Bobby Nasution sebagai tim pemenangannya, ia yakin bahwa warga Kota Medan sudah siap meningkatkan perekonomian kota. Tidak hanya itu, ia berharap bahwa masyarakat tetap memperhatikan pentingnya akhlak, demi keutuhan Kota Medan yang majemuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here