Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution Gotong Royong Momentum Hari Lahir Pancasila
Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution Gotong Royong Momentum Hari Lahir Pancasila

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution kembali memberikan dukungan penuh pada calon wali kota Medan yang satu ini. Memperingati hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni 2020, Bobby Nasution sebagai calon Wali Kota Medan ini mengingatkan semua warga, bahwa hal tersebut adalah momentum untuk meningkatkan gotong royong selama pandemi Covid-19.

Tentu saja ia tidak berharap bahwa hanya rakyat kota Medan yang harus memiliki semangat saling menolong, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia yang tidak luput dari wabah corona.

Pada kesempatan pertemuan di tanggal 1 Juni 2020 itu, Bobby mengutip pidato dari Presiden pertama RI, Soekarno. Beliau menyatakan bahwa gotong royong adalah inti dari seluruh lima sila yang terdapat dalam Pancasila.

Bobby menegaskan bahwa bangsa Indonesia selama ini kuat dan tak terkalahkan, karena semangat gotong royong yang dipupuk, serta memaksimalkan persatuan di tengah kemajemukan.  Menurutnya, saat pandemi ini, warga diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat gotong royong, lebih dari pada saat kondisi normal.

Baca Juga: Puskesmas Tuntungan Apresiasi Tinggi Bantuan APD dari Bobby Nasution

Bobby juga kembali menegaskan bahwa karakter bangsa Indonesia adalah sikap selalu ingin gotong royong dalam menghadapi masalah. Masalah utama bangsa ini, kata Bobby, adalah adanya kesenjangan sosial yang semakin tinggi. Namun, masalah ini bukannya tidak dapat diselesaikan.

Bobby berujar bahwa kerjasama dari warga masyarakat dan pemerintah adalah kunci untuk menghapus kesenjangan sosial. Namun, saat ini yang terpenting adalah kerjasama warga dan pemerintah untuk segera menghentikan penyebaran wabah corona, tetapi juga membantu sesama yang mengalami kesulitan perekonomian karena pandemi.

Pada kesempatan yang sama, Bobby juga menyinggung tentang keberadaan UMKM yang dapat menjadi tiang perekonomian warga, dan juga daerah sekitarnya. Sesuai dengan jabatannya sebagai wakil ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Bobby dan tim relawan tidak kenal lelah untuk mensosialisasikan pentingnya membuka usaha sendiri dalam bentuk UMKM. Selain itu, mereka juga selalu mendukung UMKM lokal, dengan menggunakan produk-produk yang mereka jual.

Khusus untuk kota Medan, Bobby sudah merangkul para pemilik UMKM untuk dapat bangkit di tengah perekonomian yang tengah terpuruk. Ia dan tim relawan selalu mendorong para pengusaha muda, untuk memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk atau jasa. Para pelaku usaha diharapkan dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang selama pandemi, karena selalu ada kesempatan meraih pelanggan, dalam situasi perekonomian seperti ini.

Secara pribadi, Bobby mengagumi ragam produk yang telah diproduksi oleh UMKM lokal, dimana banyak pengusaha muda yang giat mempromosikan barangnya, dengan bantuan teknologi digital. Karena itulah, ia dan segenap tim relawan terus memberi dukungan dengan menggunakan produk-produk yang mereka jual, dan membantu kegiatan promosi secara daring. Hal ini, menurut ayah dari Sedah Mirah ini, adalah bentuk gotong royong secara nyata.

Baca juga: Rebon Medan Deli Bantu Penderita Tumor dan Bagi Sembako ke Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

Bobby yakin bahwa pemanfaatan perekonomian digital ini tidak sekedar diperlukan saat pandemi saja, tetapi juga saat Medan sudah menerapkan new normal, dan juga saat pandemi sudah benar-benar musnah dari Indonesia. Tetapi, kegiatan jual beli secara daring akan sangat membantu mereka saat ini.

Karena itulah, ia berambisi untuk menggerakan semua pemuda kota Medan untuk tidak hanya kreatif tetapi juga saling mendukung usaha satu sama lain, demi kebangkitan perekonomian lokal.

Hingga saat ini, terbukti Bobby dan tim relawan selalu tanggap dengan kondisi masyarakat sekitar yang tengah membutuhkan bantuan. Terbukti saat terjadi kebakaran di pasar Meranti kemarin, tim ReBorn atau Relawan Bobby Nasution langsung gerak cepat dalam memberi bantuan, baik nasi kotak dan juga beberapa bantuan yang diperlukan mereka yang menjadi korban kebakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here