Datang Ke Kantor Nasdem: Bobby Nasution Giat Sosialisasikan Ekonomi Kerakyatan
Datang Ke Kantor Nasdem: Bobby Nasution Giat Sosialisasikan Ekonomi Kerakyatan

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang konsep ekonomi kerakyatan. Misi yang mereka emban ini merupakan amanat langsung dari Bobby, yang selama ini memang selalu fokus pada perkembangan perekonomian Kota Medan, melalui usaha rakyat kecil dan menengah. Program Bobby ini bukan sekedar wacana karena memang ia konsisten dalam menggunakan semua produk yang merupakan produksi dari pelaku UMKM, terutama di Kota Medan.

Seperti halnya yang ia lakukan saat hadir bersama Aulia Rahman, calon Wakil Wali Kota Medan. Mereka berdua mendatangi kantor Partai Nasional Demokrasi atau Nasdem Sumatera Utara. Mereka hadir untuk menerima SK Rekomendasi yang mendukung pencalonan Bobby – Aulia pada 1 September 2020 tersebut.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Kemeja dengan warna biru yang senada dengan warna biru dari logo Nasdem menjadi tema utama dari busana yang dikenakan Bobby Nasution serta Aulia Rahman. Warna biru yang dipilih pun sangat pas, dengan logo Nasdem. Pemilihan busana Bobby bukan sekedar sesuai dengan warna dari logo Nasdem, tetapi juga merupakan wujud kepedulian akan pegiat usaha kecil menengah, dimana busana tersebut berbahan kain uis Karo. Kesan mewah terpancar dari benang berwarna keemasan yang merupakan tenunan.

Hal ini membuktikan bahwa memang Bobby memiliki kepedulian tinggi akan kemajuan dari pelaku usaha kecil dan menengah. Selama ini, ia dan tim relawan tidak kenal lelah dalam melakukan kunjungan ke berbagai pegiat UMKM, dan berkolaborasi dalam hal promosi serta penyediaan bahan baku. Bentuk kepedulian ini adalah wujud dari #KolaborasiMedanBerkah yang selama ini sudah dicanangkan, serta dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu.

Averiana Barus, perancang dari busana Bobby tersebut tentu sangat bangga. “Keren. Itu cara terbaik mengenalkan karya kami para UMKM,” katanya.  Pemilik dari produk UMKM Rumah Uis yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting, Medan ini mengatakan bahwa ia tentu sangat bangga karena calon pemimpin Kota Medan mau datang ke tempat usahanya, dan membeli produk-produknya. Terlebih, Bobby juga mengenakannya di momen penting.

Kedatangan Bobby ke tempat usahanya tersebut adalah untuk menyerap aspirasi para pelaku UMKM, sekaligus membeli beberapa produk asli Rumah Uis. “Waktu itu dia datang berkunjung ke Rumah Uis. Dia sendiri yang memilih kainnya, karena katanya dia suka warna dan motifnya,” kata Ave, penyanyi Karo ternama ini.

Dengan antusias, Ave menceritakan bagaimana Bobby memilih sendiri motif kain tersebut, dan ingin mempersonalisasikan desainnya. Warna tersebut ia pilih, karena ia tahu bahwa istrinya sangat menyukai warna biru.  Karena itulah, busana yang ia kenakan saat itu masih harus menunggu waktu kurang lebih seminggu sebelum dikenakan ke kantor Nasdem.

“Selain kemeja yang dipakai ke Nasdem itu, Bobby ada pilih baju ready to wear (yang sudah siap jadi), mirip seperti itu. Tapi yang dipakai kemarin harus dijahit dulu, sekitar seminggu baru siap. Karena custom made, aku dibiarkan menentukan modelnya,” jelas Ave.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Kain tenun tradisional ini memiliki harga Rp 750.000 per lembarnya dengan ukuran 1,5M x 1M. Produksi kain ini juga tidak sembarangan, karena hanya penenun tradisional yang dapat melakukannya. Mereka tinggal di beberapa kawasan seperti Samosir, Binjai, Kabanjahe dan banyak lagi. Kain ini istimewa karena dibuat dengan proses tenun gendong, atau dikenal oleh orang asli Medan dengan nama tenun gedokan dengan proses pembuatan satu minggu.

“Jadi ini termasuk karya seni yang sangat bernilai,” tutur Ave. Ave mengatakan bahwa Rumah Uis hadir dengan ragam warna unik seperti hitam, hijau, maroon dan biru dongker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here