Eksplore Mansion Tjong A Fie, Taipan Besar Kota Medan
Eksplore Mansion Tjong A Fie, Taipan Besar Kota Medan

Kolaborasi Medan Berkah – Meng-eksplore mansion Tjong A Fie, taipan besar kota Medan yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani Kesawan. Tidak akan rugi, selain menjadi salah satu lokasi wisata dalam kota yang cukup direkomendasikan. Pihak keluarga memutuskan membuka mansion untuk umum, agar masyarkat dapat mengenang sosok besar sang taipan. Secara resmi mansion dibuka pada 18 Juni 2009. Terbukti bila tanah Batak tidak hanya kaya akan wisata alamnya. Tempat bersejarahnya pun tidak kalah banyak. Bangunan mansion sangat kental dengan gaya khas Tionghoa.

Asyiknya Eksplore Mansion Tjong A Fie, Taipan Besar Kota Medan

Asyiknya eksplore mansion Tjong A Fie, taipan besar kota Medan. Pengunjung akan disuguhkan pada tampilan arsitektur bangunan bergaya Tiongkok dengan sentuhan gaya Eropa dan Melayu. Pengelolaan mansion dan museum dilakukan langsung di bawah manajemen keluarga sang taipan.

Rumah tinggal dibangun pertama kali pada tahun 1900, mengingat usia bangunan yang sudah tua. Oleh pemerintahan daerah ditetapkan sebagai lokasi wisata cagar budaya, yang keasliannya harus dipertahankan.

Baca juga: Ingin Coba Menu Baru? Coba Sate Kerang di Medan

Ulang tahun mendiang Tjong A Fie yang ke 150 thn, dipilih sebagai tanggal resmi dibukanya mansion untuk umum. Letak mansion sendiri berdekatan dengan Restauran TipTop yang melegenda dan bersejarah.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 35.000, maka akan ditemani seorang pemandu berkeliling tempat wisata bersejarah ini. Total waktu yang diperlukan untuk berkeliling kurang lebih 45 menit.

Jam operasional mansion TjonG A Fie, setiap hari dari Pkl 09.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung diperbolehkan mengabadikan sejumlah tempat di dalam rumah. Namun pastikan untuk mentaati peraturan yang tertera pada papan petunjuk.

Belajar Sejarah dan Silsilah Keluarga

Mansion Tjong A Fie tidak memiliki terlalu banyak lantai. Lokasi wisata cagar budaya satu ini terdiri dari dua lantai saja. Namun pengunjung bisa mengeksplore banyak ruangan yang ada. Pada lantai pertama diletakkan kursi dan guci-guci koleksi original sang pemilik rumah.

Baca juga: Peduli Dampak Covid-19, Relawan Bobby Nasution Berikan Bingkisan kepada Masyarakat “DPR”

Saat memasuki gapura kediaman Tjong A Fie, kesan oriental sangat kental terasa. Wisatawan seakan dibawa berkilas balik pada film-film bertemakan masa kolonial dan China lama. Halamannya yang luas terlihat seimbang memperindah bangunan utama. Tidak heran banyak pengunjung yang mengabadikan tampilan facad tempat wisata bersejarah.

Mengenal Sang Tokoh Besar

Hampir semua lokasi di  tempat wisata bersejarah ini, dapat diabadikan dalam foto ataupun video. Hanya saja khusus ruangan sembayang, terdapat tanda di larang mengambil foto. Jika diperhatikan, mansion Tjong A fie cukup banyak menampilkan foto-foto keluarga. Pengunjung bisa mempelajari sejarah singkat dari perjalanan serta silsilah keluarga sang tokoh besar.

Tjong A Fie lahir di Guangdong, Tiongkok bermigrasi ke Hindia Belanda dan merintis usahanya mengikuti sang kakak, di perkebunan Medan. Selain itu beliau bekerja juga sebagai bankir dan pengusaha.

Dapat dilihat dari koleksi yang terdapat pada lokasi wisata cagar budaya Tjong A Fie. Pengunjung bisa mengetahui bahwa beloa mampu membangun relasi dengan sejumlah besar orang besar dan penting pada pemerintahan kolonial Belanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here