Icip-Icip Mie Gomak Spaghetti Orang Medan
Icip-Icip Mie Gomak Spaghetti Orang Medan

Kolaborasi Medan Berkah – Icip-icip mie gomak spaghetti orang Medan, makanan ini menjadi sajian khas nusantara yang sayang bila dilewatkan. Balige, pasar tradisional di tepian Danau Toba merupakan daerah asal muasal nama mie gomak mulai dikenal. Rasanya menjadi istimewa lantaran kuatnya bumbu-bumbu yang dipakai, seperti andaliman. Andaliman merupakan merica asli tanah Toba. Hanya tumbuh di Sumatera Utara.

Mampir Icip-Icip Mie Gomak Spaghetti Orang Medan

Gomak dalam bahasa setempat berarti dijumput. Lantaran cara penyajian mie gomak dahulu dijumput menggunakan tangan. Bahkan beberapa pedagang kaki lama masih menggodak atau mencampur mie dengan bumbu menggunakan tangan. Terkadang disitulah keunikan penyajian masakan nusantara.

Walau demikian kebersihannya tetap di perhitungkan. Secara tradisional mie akan dicampur dengan bumbu menggunakan tangan, seiring berjalannya waktu penjual memilih memakai sendok dan garpu.

Masyarakat Medan akan menikmati sepiring mie gomak atau kuah dengan pendamping seperti sayuran atau lontong, gorengan, tempe, tahu, dan telur rebus. Setiap pagi rumah makan di tepian Danau Toba menawarkan mie sebagai menu sarapan.Tidak hanya disana, bahkan masyarakat di pusat kota Medan pun gemar menyantap spaghetti nusantara ini untuk mengawali hari.

Baca juga: Wisata Air Terjun Sipiso-Piso dari Bumi Karo

Hidangan Murah yang Melekat di Hati

Harga seporsi mie gomak bervariasi tetapi tidak sampai lebih dari 10.000. Walau biasanya mie identik dengan proses memasak yang instant dan kurang sehat. Masakan nusantara yang satu ini jelas berbeda. Sebab mie gomak memiliki sumber gizi yang legkap. Sebaiknya menikmati hidangan selagi masih panas.

Biasanya acara spesial kerap menyediakan mie gomak sebagai salah satu hidangan mereka. Diantaranya pada saat acara partangiangan atau kegiatan kelompok doa. Arisan bahkan hingga acara pernikahan. Bisa dilihat betapa melekatnya cita rasa mie dalam kehidupan masyarakat Sumatera Utara khusunyaMedan.

Baca juga: Bobby Nasution Berikan Bantuan Kepada Mualaf yang Hidup Sebatang Kara

Mencampurkan Rempah Khas Danau Toba

Takaran bumbu haruslah seimbang dan lebih terasa enak jika memasak menggunakan tungku tradisonal. Karena bumbu akan mengeluarkan lebih kuat aroma, selain itu tingkat kematangannya pun pas. Dari segi penyajian spaghetti nusantara gomak memang terlihat seperti mie Aceh.

Walau terlihat mirip komposisi bahan yang digunakan, cita rasa mie juga memiliki rasa khas masakan tanah batak karo. Mie gomak menggunakan mie lidi yang lebih padat. Untuk varian yang berkuah, maka kuah santan yang dibumbui lengkap, terasa pedas gurih dan hangat saat dimakan. Sajian khas nusantara menjadi lengkap dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Sementara jika menggunakan siraman saus kacang, biasanya akan ditambahkan telur rebus dan sayuran matang. Tidak ketinggalan mencampurkan andaliman ke dalam bumbu. Rasa pedas asam dari andaliman, menjadi cita rasa mie gomak yang khas dan tidak ditemukan pada olahan mie lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here