Kaya Akan Rasa, Coba Rasa Nendang Dari Lemang
Kaya Akan Rasa, Coba Rasa Nendang Dari Lemang

Kolaborasi Medan Berkah – Berbagai daerah di Indonesia memiliki jajanan khasnya masing-masing. Salah satu kota yang terkenal memiliki banyak jajanan khas adalah kota Medan. Tidak hanya maju dalam peradabannya, Medan juga memiliki banyak hidden treasure di bidang kuliner. Turis yang berkunjung ke Medan biasanya mencoba makanan khas seperti soto medan atau lontong medan. Tetapi, pernahkah Anda mendengar nama jajanan lemang? Ini dia Lemang, jajanan beras ketan terbaik asal Medan.

Lemang adalah salah satu jajanan khas dari kota Medan. Bahan yang digunakan untuk makanan ini adalah beras ketan. Lemang ini bentuknya mirip seperti lontong. Bahkan tidak jarang makanan ini disebut dengan nama lontong medan.

Cara memasak lemang adalah dengan membakarnya diatas bara api hingga matang. Lemang yang sudah dibungkus dengan daun pisang akan diletakkan di dalam sebuah bilah bambu. Bilah bambu inilah yang nantinya akan dibakar hingga lemang matang.

Baca juga : Salurkan APD Untuk Tenaga Medis, Bobby Nasution: Ini Panggilan Nurani

Bagaimana rasa dari lemang? Jawabannya adalah gurih. Hal ini dikarenakan sebelum beras ketan dimasak, sebelumnya akan dicampurkan terlebih dahulu dengan santan kelapa. Untuk menambah rasanya, biasanya lemang akan disajikan bersama dengan selai atau buah-buahan. Tidak jarang lemang disajikan bersama dengan tape ketan.

Masyarakat medan tidak jarang mencampurkan lemang dengan lauk pauk seperti rendang dan sayuran. Hal ini dikarenakan bentuk lemang yang seperti lontong. Lemang juga sangat mengenyangkan, tentu karena terbuat dari beras ketan. Meskipun tidak dicampurkan dengan lauk pauk, lemang juga tetap lezat karena rasanya sudah gurih. Anda bisa mengonsumsi lemang saat masih hangat. Rasa gurihnya akan sangat terasa di lidah.

Baca juga : Dihari Ulang Tahun Ayahnya, Bobby Nasution Bersama Kahiyang Ayu Ziarah ke Makam Sang Ayah

Lemang dijual dengan harga perbatang. Di Medan, Anda bisa mendapatkan sebatang lemang dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah saja. Cukup banyak turis yang menjadikan lemang sebagai oleh-oleh. Tenang saja, ada cukup banyak lokasi yang menjual lemang sebagai oleh-oleh khas Medan.

Bila Anda berkunjung ke Medan, jangan lupa sempatkan diri untuk mencoba Lemang. Dijamin Anda akan menyukainya. Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh, tetapi perhatikan masa kadaluwarsa dari lemang yang akan Anda bawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here