Komunitas ReBorn Ajak Warga Ikuti Bobby Nasution Untuk Donor Darah di Masa Pandemi
Komunitas ReBorn Ajak Warga Ikuti Bobby Nasution Untuk Donor Darah di Masa Pandemi

Kolaborasi Medan Berkah –  Komunitas Relawan Bobby Nasution turut mengikuti anjuran Bobby Nasution, saat mereka tengah berada di kawasan Jalan Pulau Pinang, 5 Juli 2020 lalu. Mereka berada di kawasan tersebut karena Bobby memang hendak melakukan aksi sosial, yakni mendonorkan darahnya di salah satu gerai PMI yang ada di kawasan itu.

Bobby tidak hanya hendak mendonorkan darah, tetapi juga mengajak warga yang melintas untuk turut berpartisipasi. Ia memberikan contoh kepada warga, bahwa mereka tidak perlu ragu untuk mendonorkan darah, terlepas dari pandemi Covid-19 yang masih merebak. Bobby tanpa sungkan dan gengsi turut menyumbang darah, sekaligus membagikan masker kepada masyarakat yang melewati gerai PMI tersebut.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Pria yang baru saja berusia 29 tahun ini mengatakan bahwa ia tidak pernah ragu akan dedikasi PMI yang mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan program donor darah. Ia yakin bahwa PMI selalu memberikan pelayanan terbaik, sesuai dengan anjuran pemerintah selama pandemi.

Tentu saja, rombongan Bobby yang tampil sumringah dengan kaos merah beserta komunitas relawannya menarik perhatian masyarakat yang lewat. Mereka pun turut menyumbangkan darah. Tetapi, kesempatan ini mereka pergunakan untuk berfoto bersama calon Wali Kota mereka. Seperti biasa pula, Bobby selalu dengan rendah hati mendengarkan aspirasi mereka dan juga memberikan banyak masukan.

Kunjungan Bobby di gerai PMI ini tidak menuntut para petugas untuk memperlakukannya secara istimewa. Ia tetap menjalankan prosedur, sama dengan pendaftar yang turut hadir untuk donor darah.

Ia turut bergabung dalam antrian, baik saat mengisi formulir, dan juga saat menjalani proses pemeriksaan darah. Tentu saja, ia juga wajib memeriksakan tekanan darahnya sebelum dapat berdonor. Menurut Wakil Ketua BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini, masyarakat perlu mendukung kegiatan PMI dalam berdonor darah.

“Karena proses dan alat-alat kesehatan yang digunakan terjamin kualitasnya berdasarkan ketentuan protokol kesehatan,” papar penggagas gerakan #KolaborasiMedanBerkah ini. “Karena darah kita bisa menyelamatkan orang lain. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, katanya amal kita bisa dilipat gandakan.”  Ia mengatakan bahwa berdonor darah bukan sekedar memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, tetapi dapat menyehatkan tubuh.

Kehadiran Bobby menjadi kegembiraan tersendiri bagi para petugas PMI. Hal ini diungkapkan oleh , Zulham, Kepala Markas PMI Kota Medan. Ia berujar bahwa PMI terus membuka berbagai macam gerai yang ditempatkan di tempat-tempat strategis di kota Medan. Hal ini dilakukan, mengingat permintaan darah semakin tinggi selama pandemi. Sayangnya, stok tidak sesuai permintaan.  Jadi untuk menjaga stok darah yang ada di PMI Kota Medan, kita membuat gerai-gerai seperti ini,” terangnya.

Zulham mengatakan bahwa saat ini stok kantong darah di Palang Merah Indonesia Kota Medan tidak lebih dari 1.000 kantong dalam satu hari. Jumlah ini menurun drastis jika dibandingkan sebelum pandemi merebak, dimana stok kantong darah bisa berjumlah 2000 kantong setiap harinya.  Padahal, PMI Kota Medan menerima permintaan kantong darah hingga 150 kantong setiap harinya. Upaya ekstra pun perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan lucky draw dimana pendonor mendapatkan bingkisan.

Bingkisan yang didapatkan juga beragam. Dengan menggandeng beberapa pengusaha atau organisasi, pendonor biasanya mendapatkan sembako, Tupperware dan lain-lain.”Itulah pendekatan-pendekatan yang kita lakukan,” papar Zulham yang mengatakan bahwa pihaknya sudah sering menggelar gerai PMI di Lapangan Merdeka semasa pandemi.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Giatkan Kolaborasi Pola Pikir Kaum Millennial

“Alhamdulillah, hingga jam 08.00 wib, sudah mencapai 28 kantong darah terkumpul,” tukasnya. “Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan donor darah, termasuk mengundang tokoh-tokoh masyarakat.”  Ia menuturkan bahwa hadirnya Bobby Nasution telah sukses memberi contoh kepada masyarakat.

Bobby juga terlihat membaur dengan masyarakat. Ia tidak hanya sabar berfoto bersama warga yang ada, tetapi juga membeli beberapa produk UMKM. Minuman Sehat Uncle Land dan Kemplang Palembang Foodies Homemade adalah beberapa UMKM yang membuka gerai dadakan di dekat gerai PMI saat itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here