Komunitas ReBorn Jemput Aspirasi Pedagang Pasar Kemiri Dukung Ekonomi Kerakyatan
Komunitas ReBorn Jemput Aspirasi Pedagang Pasar Kemiri Dukung Ekonomi Kerakyatan

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution  selama ini sudah melakukan aksi turun langsung ke pasar, demi menjemput aspirasi para pedagang, yang berdagang di pasar tradisional. Hasil dari jemput aspirasi yang sudah dilakukan tim relawan melahirkan ide bagi Bobby Nasution untuk menerapkan ekonomi kemasyarakatan. Ide ini akan segera dilaksanakan saat Bobby telah menjadi Wali Kota Medan.

Tentu saja, ide tersebut membangkitkan semangat para pedagang. Selama ini, mereka merasa belum dapat menikmati apa yang sudah mereka harapkan dari pemerintah Kota Medan. Aspirasi mereka selama ini hanya dapat mereka sampaikan, tanpa ada tindakan lanjutan. Dukungan para pedagang kepada Bobby disampaikan oleh salah satu perwakilan dari Pasar Kemiri, yaitu Ismed.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

“Kami pedagang Pasar Kemiri Simpang Limun mendukung sepenuhnya pencalonan Bapak Bobby sebagai Walikota Medan,” bebernya. Ia bertemu dengan tim relawan Bobby Nasution dan juga beberapa awak media yang datang ke Pasar Kemiri pada 31 Agustus 2020. Ismed menyatakan juga bahwa semua pedagang yang ada di Pasar Kemiri sepakat mendukung Bobby Nasution – Aulia Rahman.

Tim relawan yang hadir di Pasar Kemiri tersebut adalah Relawan Untuk Bobby Nasution atau ReBorn. Selama ini, mereka tidak pernah absen melakukan kegiatan Jemput Aspirasi Pedagang. Mereka memahami bahwa pasar tradisional memberikan sumbangsih yang sangat besar untuk kemajuan suatu daerah. Jika para pedagang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, maka akan muncul peningkatan perputaran ekonomi.

Pelayanan terbaik dari para pedagang tentunya adalah dalam bentuk pengembangan usaha. Hal inilah yang selama ini belum dinikmati oleh para pedagang. Mereka mengharapkan kehadiran ‘bapak asuh’ yang dapat memberi edukasi sekaligus tambahan modal, demi pengembangan usaha.  Kiprah Bobby Nasution dengan program ekonomi kerakyatan sangat dinantikan oleh para pegiat ekonomi yang ada di pasar tradisional di seluruh Kota Medan.

“Bapak Bobby kedepannya bisa memasukan program memajukan pajak (pasar) tradisional. Karena selama ini pajak kami ini cukup kekurangan. Kami hanyalah pedagang kecil yang berjualan ini hari untuk dimakan ini hari,” ungkap Ismed.

Ismed melanjutkan dimana semua pedagang, tidak hanya di Pasar Kemiri tentunya, mengalami kendala utama, yaitu tambahan modal. Kondisi perekonomian yang sangat memprihatinkan semasa pandemi Covid-19 ini memang cukup membuat para pedagang mengalami kesulitan. Jangankan mendapat modal, mendapat untung saja hampir tidak mungkin. “Kami berharap bila nanti Bapak Bobby dapat amanah memimpin Medan, bisa memberikan bantuan kepada kami para pedagang,” katanya.

Pelanggan yang datang di pasar Kemiri menurun karena pandemi, dan juga karena kondisi pasar yang semakin tidak layak. Pembenahan sangat diperlukan demi kenyamanan pengunjung. Jika pengunjung bertambah, kata Ismed, maka jumlah pemasukan para pedagang pasti menunjukkan peningkatan.

“Jadi kalau pengunjung ramai, bisa meningkatkan pemasukan kami dan secara tak langsung juga menambah penghasilan buat daerah. Dengan satu tujuan yang sama, mari kita membangun Medan,” paparnya.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Ketua Umum Re-Born, Suwarno memang menyatakan hal yang sama. “Tadi sebelum masuk ke areal pasar ini, jalanan becek. Ini kan juga membuat rasa kurang nyaman bagi pengunjung,” jelasnya. “Semoga apa yang kami dapat ini bisa jadi acuan bagi Bang Bobby untuk membuat program kedepan. Sehingga mampu menciptakan warganya sejahtera dan berkah kotanya.”

Ketua Umum DPP Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu ini datang ke Pasar Kemiri didampingi oleh beberapa pengurus seperti penasehat Re-Born yaitu Susilo dan juga Ketua Koordinator Wilayah yakni Abu Bakar Nasution, serta Wakil Bendahara Romula Sinaga. Tampak pula pengurus inti lainnya yang juga sepakat dengan Suwarno untuk menyampaikan aspirasi kepada Bobby.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here