Komunitas Relawan Bobby Nasution Ajak Milenial Tidak Gengsi Ke Pasar Tradisional
Komunitas Relawan Bobby Nasution Ajak Milenial Tidak Gengsi Ke Pasar Tradisional

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution akan selalu konsisten untuk mengajak para anak muda di Kota Medan, untuk berbelanja di pasar tradisional. Hal ini diungkapkan Suwarno, selaku ketua umum dari tim ReBorn yang merupakan singkatan dari Relawan Bobby Nasution.

Saat menggelar acara dialog di studio #KolaborasiMedanBerkah, pada 22 Juni 2020 lalu, Suwarno mengatakan bahwa kaum milenial harus mengusir rasa gengsi untuk membeli barang di pajak, atau pasar tradisional. Ia berujar bahwa kolaborasi anak muda dengan pedagang ini adalah demi perwujudan Kota Medan Berkah. Medan yang berkah adalah visi dari calon Wali Kota Medan terkuat saat ini, yakni Bobby Nasution.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Pada acara talk show yang digelar di Jalan Cik Di Tiro ini, Suwarno didampingi oleh Rahmad Syah Ramadhan Harahap, sekretaris dari ReBorn. “Dari hasil pendataan yang telah kami lakukan di Pasar Petisah, ada pedagang yang sampai 90 persen tingkat pendapatannya menurun lantaran terkena imbas Covid-19 ini,” papar Suwarno.

Suwarno menyadari bahwa pandemi Covid-19 telah banyak memberi pengaruh kepada pendapatan masyarakat, termasuk pedagang di pasar tradisional. Karena itulah, ia mengajak anak-anak muda untuk mendatangi pasar tradisional, karena semua barang yang dijual di pasar tradisional memiliki kualitas sama dengan yang dijual di mal atau pusat perbelanjaan di Kota Medan.

“Kaum milenial jangan gengsi ke pasar tradisional. Karena pekerjanya juga milenial juga. Untuk kualitas barang tak kalah dengan di mall. Di pasar, semua yang dicari pasti ada. Kita harus berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah ini,” ujarnya.  Suwarno kembali menegaskan bahwa kolaborasi sesama anak muda di Kota Medan adalah salah satu kunci untuk menuju Kota Medan yang maju serta berkah.

Selain pentingnya kolaborasi antara anak muda, Suwarno juga mengharapkan campur tangan pemerintah untuk para pedagang. Terkait dengan menurunnya pendapatan para pedagang selama pandemi, Suwarno berharap para pedagang mendapatkan pinjaman modal untuk melanjutkan usaha mereka.

“Aspirasi dari pedagang itu satu di antaranya membutuhkan pinjaman untuk kembali menjalankan usaha yang terpuruk karena covid-19. Bisa saja pemerintah atau pun pemangku  kepentingan dalam hal ini bank dapat meramu kebijakan untuk itu. Misalnya memberi pinjaman ringan agar pedagang bisa memulai lagi meneruskan berjualan dengan syarat tanpa jaminan ,” sebutnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa bahwa pihaknya, sebagai perwakilan dari Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu atau P4B, siap berdiskusi dengan perwakilan dari pemerintah terkait masalah ini.

Suwarno, yang merupakan tokoh masyarakat yang sangat paham dengan kondisi semua pasar di Medan, mengungkapkan bahwa perhatian pemerintah untuk keberadaan pasar masih belum maksimal.

“Sejauh ini memang sudah ada tandon air untuk cuci tangan, tetapi belum ada petugas yang melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung. Ini kan juga penting. Janganlah timbul kesan bahwa perhatian pemerintah ke pedagang di pasar tradisional ini cuma setengah hati,” ungkapnya.

Hal terpenting, kata Suwarno, adalah aspirasi masyarakat, terutama para pedagang di berbagai pasar di Kota Medan. Ia mengatakan bahwa mayoritas dari para pelaku usaha di pasar-pasar tersebut sangat mengharapkan perubahan signifikan di Kota Medan, melalui kandidat kuat wali Kota Medan saat ini, yakni Bobby Nasution.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Giatkan Kolaborasi Pola Pikir Kaum Millennial

“Seperti kita ketahui, Bang Bobby Nasution punya program untuk UMKM hingga mengembalikan Medan menjadi kota perdagangan.  Harapannya bila Bang Bobby nantinya mendapat amanah menjadi Walikota Medan bisa lebih memperhatikan pedagang di pasar tradisional,” tutur Suwarno lagi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Rahmad Syah Ramadhan Harahap.  “Kami melihat itu ada pada sosok Bang Bobby Nasution yang visioner dan merakyat. Kami berharap beliau nantinya mampu merubah wajah Medan lebih baik lagi dan berwibawa dari sisi hukum,” komentarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here