Komunitas Relawan Bobby Nasution  Bantu Wujudkan Bantuan Tandon Air Pasar Di Medan
Komunitas Relawan Bobby Nasution  Bantu Wujudkan Bantuan Tandon Air Pasar Di Medan

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution menjadi salah satu bagian dari keinginan besar Bobby Nasution untuk menjaga kesehatan dengan mencuci tangan di tempat umum selama pandemi Covid-19.

Tidak heran, hal ini menjadi salah satu himbauan dari Bobby Nasution selaku calon wali kota demi misi kolaborasi Medan Berkah yang dicanangkannya. Masyarakat diharap tidak lengah untuk berdisiplin dalam berperilaku bersih.  Perilaku bersih ini terutama bagi mereka yang sedang berada di tempat umum.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Himbauan Bobby Nasution bukan sekedar kata-kata. Sebanyak delapan tandon air yang dilengkapi dengan wastafel ditempatkan di delapan pasar. Pemasangan tersebut dilakukan oleh para relawan, yang dibantu oleh beberapa komunitas pedagang dan warga sekitar. Hal ini untuk mendukung gagasan Kolaborasi Medan Berkah, yang mendambakan kota Medan yang bersih, serta segera bebas dari Covid-19.

Bobby lebih lanjut memberikan himbauan tentang kebiasaan baik mencuci tangan yang tidak boleh diabaikan saat di tempat umum. “Selain menggunakan hand sanitizer, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sekarang merupakan kewajiban. Untuk itu, kita siapkan tandon air dan wastafelnya untuk digunakan warga saat berada di pajak (pasar tradisional),” katanya saat ditemui pada 13 Juni 2020.

Kolaborasi Medan Berkah terwujud berkat kerjasama Bobby dan tim relawannya. Para tim relawan melakukan instalasi tandon air dan wastafel yang diperuntukkan ke pasar-pasar Kota Medan. Pajak atau pasar tradisional itu adalah Pasar Meranti, Pasar Sei Sikambing, Pasar Sukaramai, Pasar Cemara, Pasar Setia Budi, Pasar Petisah, Pasar Kampung Lalang, dan Pasar Simpang Limun.

“Saya berharap, para pedagang dan pengunjung yang datang ke pasar-pasar tersebut dapat selalu memanfaatkannya dengan baik. Jadi kita semua terhindar dari penyakit dan tetap terjaga meski berada di keramaian,” papar penggagas Kolaborasi Medan Berkah ini.

Pemasangan tandon tersebut dilakukan komunitas relawan yang tergabung dalam ReBorn (Relawan Bobby Nasution) serta BonDan (Bobby Nasution for Medan). Ketua dari ReBorn, Suwarno menegaskan bahwa gerakan cuci tangan dari Bobby dan tim relawan bukan sekedar slogan. Mereka menerapkannya dalam bentuk bantuan tandon air, atas inisiatif dari Bobby Nasution.

“Penempatan Tandon air berukuran masing-masing 500 liter ini sudah dimulai sejak akhir Mei lalu. Dan jika memungkinkan akan ditambah lagi. Sehingga, semua pasar tradisional Medan memiliki tandon air dan wastafel untuk cuci tangan, yang memadai untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Suwarno.

Kepercayaan dari Bobby sebagai calon Wali Kota Medan kepada para tim relawan, dengan bangga dilaksanakan oleh tim ReBorn dan BonDan. Misi sosial ini semata-mata untuk kebaikan warga Kota Medan. “Misi ini hanya sebagian kecil dari upaya Tim ReBorn dan BonDan untuk mensosialisasikan gerakan hidup sehat selama pandemi belum berakhir,” papar Suwarno.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Suwarno menyadari bahwa pasar merupakan tempat umum yang tidak mungkin dihindari oleh masyarakat. Karena itulah, inisiatif untuk menempatkan sarana cuci tangan adalah bantuan paling tepat sasaran. Pengunjung dan pedagang pasar diharapkan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan pola hidup sehat serta bersih. “Mencuci tangan langsung melalui wastafel, dapat memudahkan mereka yang mungkin lupa membawa hand sanitizer atau tisu basah saat ke pasar,” katanya.

Tim relawan yang mengirimkan bantuan tandon air serta wastafel mendapatkan respon positif. Respon tersebut bukan hanya dari pedagang dan pengunjung pasar-pasar tersebut. Para tokoh pemuda dan organisasi masyarakat turut memberikan bantuan dalam proses pemasangan. Hal ini membuktikan bahwa semua kegiatan yang diinisiasi oleh Bobby Nasution dan tim relawan akan segera mewujudkan Kolaborasi Medan Berkah, saat nantinya Bobby menjabat sebagai Wali Kota Medan periode berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here