Komunitas Relawan Bobby Nasution Pasti Dukung Renovasi Makam Guru Patimpus
Komunitas Relawan Bobby Nasution Pasti Dukung Renovasi Makam Guru Patimpus

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution akan membantu semua program yang dicanangkan oleh Bobby Nasution dan Aulia Rahman, saat mereka berdua mendapatkan amanah dari warga Kota Medan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Salah satu dari program tersebut adalah pemugaran situs kuburan Guru Patimpus.

Pemugaran ini tentu bukan tanpa alasan. Baik Bobby dan Aulia menyayangkan kondisi makam dari tokoh utama Kota Medan ini. Makam terlihat tidak terawat, dimana hal ini tentu membuat banyak orang tidak tertarik untuk datang, apalagi mengetahui latar belakang dari Guru Patimpus.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Perhatian pemerintah dirasa kurang dalam pengelolaan situs bersejarah. Bobby dan Aulia bertekad akan memberikan upaya pemugaran, sehingga nantinya situs ini dapat menjadi salah satu sumber informasi sejarah yang harus diketahui oleh anak-anak muda Kota Medan.

Kedatangan Bobby dan Aulia ke makam ini bersama dengan beberapa relawan setelah mereka shalat Jumat di Masjid Al Osmani, di Medan Labuhan. Ziarah ke makam Guru Patimpus langsung mereka lakukan, karena lokasi juga sudah sangat dekat.

Guru Patimpus  adalah pendiri kota Medan yang memiliki andil sangat besar dalam pembangunan Kota Medan.  Makam Guru Patimpus terletak di Desa Lama, yaitu persisnya di Hamparan Perak, kawasan Deli Serdang. “Kita harus selalu mengenang jasa beliau. Jangan patungnya ada di Medan, tapi makamnya tidak diperhatikan,” papar Aulia.

Guru Patimpus bersuku Karo dimana tanggal ia meninggal, yaitu 1 Juli 1590, saat ini menjadi Hari Jadi Kota Medan. Sosoknya sangat bersahaja dan memiliki kiprah yang sangat besar untuk pembangunan Kota Medan. Karena itulah Bobby memang berniat untuk mengetahui beberapa hal bersejarah dengan cara ziarah ke makam Guru Patimpus.

“Semoga amalan almarhum Guru Patimpus diterima Allah SWT semasa hidupnya. Kita ziarah supaya tahu sejarah Kota Medan. Tahu bagaimana perjuangan pahlawan Kota Medan. Kita harus hargai perjuangan itu.

Kita lanjutkan pembangunan yang selama ini belum maksimal,” jelas Bobby Nasution yang sangat berharap bahwa akan ada kolaborasi dengan dirinya, bersama-sama dengan Pemkab Deli Serdang  dan juga masyarakat sekitar. Jika pemugaran tempat wisata dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka akan ada pembelajaran tentang sejarah Medan, untuk warga, terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

“Di situlah kita butuh pemimpin yang kuat. Yang bisa berkoordinasi dengan baik dengan semua pihak,” papar suami Kahiyang Ayu itu. Tentu hal ini juga disepakati oleh Aulia Rahman. Ia menambahkan, bahwa kolaborasi sangat penting untuk kegiatan ini

“Mohon doakan kami dan dukungan agar bisa membenahi. Soal Guru Patimpus jangan patung aja besar di Medan, makamnya tidak diperhatikan,” jelas Aulia Rahman.

Bobby dan Aulia juga bertemu dengan anggota organisasi masyarakat di kawasan tersebut, salah satunya adalah Isra Sembiring, yakni Ketua Pemuda Merga Silima Kota Medan. Mereka bertemu di Masjid Al Osmani sebelum mereka bersama-sama ke makam Guru Patimpus. Kondisi masjid ini juga tak kalah memprihatinkan terutama, dengan cat dinding sudah pudar dan terkelupas di berbagai sisi.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

“Masjid Al Osmani ini merupakan Masjid tertua di Medan yang punya nilai sejarah. Hendaknya pemerintah kota lebih memperhatikannya,” papar Aulia menjelaskan panjang lebar. Masjid ini dibangun oleh Sultan Osman Perkasa Alam, bahkan sebelum Masjid Al Mashun.

“Masjid ini merupakan cagar budaya, harus ada perawatan dan pembenahan yang maksimal untuk bangunan bersejarah”, Aulia Rahman menjelaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here