Komunitas Relawan Bobby Nasution Siap Bantu Inisiatif Bobby Untuk Kembangkan Istana Maimun
Komunitas Relawan Bobby Nasution Siap Bantu Inisiatif Bobby Untuk Kembangkan Istana Maimun

Kolaborasi Medan Berkah –  Komunitas Relawan Bobby Nasution akan turut membantu pengembangan Istana Maimun, sesuai janji Bobby Nasution kepada pengelolanya. Beberapa waktu lalu, memang Bobby menyempatkan diri untuk mengunjungi Istana Maimun di bulan Februari 2020. Saat itu, ia tidak sekedar berkunjung, tetapi hendak melestarikan gedung ikonik di Medan ini.

Tim relawan pun sudah sangat yakin jika Bobby menepati janjinya.  Memang, Bobby kembali mengunjungi  Istana Maimun, 10 September 2020 lalu. Menurut Bobby, ia siap tepati janji seperti yang sudah pernah disampaikan ke pengurus Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid, sebagai pengelola istana melayu terbesar di Asia Tenggara ini.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Memang, gedung ini masih berdiri dengan megah dan cantik. Namun, pengelolaannya masih belum memenuhi syarat sebagai ikon wisata nasional karena infrastruktur yang tidak memadai, dan juga banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan tanpa ada ruang khusus disana.

Ketua Harian Yayasan, Sultan Ma’moen Al Rasyid menyambut kedatangan Bobby Nasution yang didampingi Aulia Rahman. Perbincangan santai antara mereka berakhir menuju satu kesimpulan dimana Bobby siap melestarikan istana ini sekaligus melakukan pengembangan infrastruktur di sekitarnya.

“Nilai sejarah dan budaya yang sangat besar pada istana ini harus selalu dilestarikan, dan hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Kita harus saling berkolaborasi dalam mempertahankan serta melestarikan seluruh situs sejarah dan budaya Kota Medan, karena ini adalah identitas kita,” begitu penjelasan Bobby Nasution tentang pelestarian istana Maimun ini.

Tidak hanya pengembangan infrastruktur, Bobby dan tim #KolaborasiMedanBerkah juga menghadiahkan situs istanamaimun.com.  sebagai sarana promosi. Rencana pembuatan situs tersebut telah sejak lama dilakukan, yakni Februari 2020. Situs resmi yayasan tersebut diharapkan dapat menunjang pengembangan infrastruktur bangunan serta pelestariannya.

Selain situs gratis, Bobby turut menjelaskan desain keseluruhan dari bangunan sekitar Istana Maimun untuk ranah wisata secara detail. Sekitar Istana Maimun yaitu Kolam Sri Deli dan Masjid Raya Al – Mashun.  Untuk menunjang pengembangan ini, Bobby telah telah meminta cetak biru Istana Maimun untuk mendapatkan desain yang lebih akurat dalam pengembangannya.

Rasa terima kasih Tengku Ma’moon Al Rasjid sangat besar kepada Bobby dan Aulia karena telah menepati janji, sekaligus karena ide-ide inovatif yang diberikan. “Desainnya menurut saya sangat bagus. Saya juga respek kepada bang Bobby, sebelum menjadi wali kota sudah membuat desain untuk rencana kerja ke depan. Dengan sinergi dan kolaborasi dalam pengelolaan website ini antara pengelola Istana Maimun dan pemerintah, Insya Allah dapat terwujud rencana ini. Dan kalau terwujud ini merupakan sebuah gebrakan yang luar biasa,” pujinya kepada Bobby.

Selain itu, ia juga mengucapkan selamat untuk kelahiran Panemahan Al Nahyan Nasution, putra kedua Bobby.  Al menambahkan bahwa pengembangan bangunan sekaligus pelestariannya tentu perlu dukungan dari pemerintah Kota Medan.  Ia mengatakan, bahwa pengelola dapat memberi ide-ide pembangunan untuk pengembangan. Tetapi, bantuan pemerintah Kota Medan tentu masih diperlukan, karena dananya sangat besar.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Harapannya adalah terwujudnya pengembangan dari Istana Maimun, lengkap dengan sarana untuk berwisata di sekitarnya. Hal ini tentu sangat menunjang pendapatan daerah, sekaligus yayasan. Terlebih, masyarakat sekitar juga dapat mengais rezeki dari kedatangan wisatawan yang ada disitu. Karena itulah, infrastruktur yang memadai penting untuk dapat mengakomodir kebutuhan para pedagang, sehingga kawasan wisata tidak terlihat kumuh dan sesak.

Istana Maimun memang salah satu ikon wisata Medan yang perlu mendapatkan perhatian ekstra dari Pemerintah Kota. Saatnya Bobby dan Aulia yang akan mewujudkan pengembangan ikon wisata Medan ini, sehingga dapat mendongkrak perekonomian kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here