Komunitas Relawan Bobby Nasution Tempatkan Tandon di Pasar Tradisional Demi Cegah Penularan Virus Corona
Komunitas Relawan Bobby Nasution Tempatkan Tandon di Pasar Tradisional Demi Cegah Penularan Virus Corona

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution tidak kenal lelah dalam memberikan bantuan kepada masyarakat, dalam berbagai bentuk. Kegiatan mereka ini tentu merupakan amanah dari Bobby Nasution. Selain pemberian nasi kotak gratis tiap harinya, serta sembako gratis untuk warga yang membutuhkan, pemberian tandon air untuk berbagai  pajak atau pasar tradisional di Kota Medan juga menjadi salah satu aktivitas mereka.

Sebagai pembuktian dari himbauan Bobby Nasution, komunitas relawan Bobby Nasution melakukan pemasangan tandon air yang juga dilengkapi dengan wastafel di delapan pasar di Medan pada 13 Juni 2020.  Kepedulian komunitas relawan akan pemberlakukan protokol kesehatan di tempat umum bukan sekedar kata-kata. Selama ini, memang Bobby Nasution selalu memberi himbauan kepada masyarakat di tempat umum untuk selalu mencuci tangan atau membawa hand sanitizer.

Delapan pasar tradisional atau yang lebih umum disebut ‘pajak’ oleh warga Kota Medan itu adalah Pasar Meranti,  Pasar Setia Budi, Pasar Kampung Lalang, Pasar Cemara, Pasar Sukaramai, Pasar Simpang Limun, Pasar Petisah dan Pasar Sei Sikambing.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Harapan Komunitas relawan Bobby Nasution adalah semakin tingginya aktivitas di semua pasar, tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Pasar merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat kecil. Bobby tidak ingin perekonomian rakyat kecil terganggu akibat adanya pasar yang harus ditutup karena menjadi episentrum penyebaran virus corona.

Pandemi yang sudah terjadi sejak dua bulan lalu ini menggugah Bobby dan komunitas relawan untuk bergerak secara aktif. Bobby pun mengajak tim relawannya yang lebih populer dengan sebutan Relawan Bobby Nasution atau ReBorn, dan juga Bobby Nasution for Medan yang disebut BonDan. Kedua tim ini sama-sama mendapatkan respon positif dari masyarakat yang turut membantu aksi sosial tersebut. Respon yang sama juga diberikan oleh pedagang serta pembeli tetap di pasar-pasar yang telah mendapat bantuan tandon air dan wastafel itu.

Penjual tisue bernama Jimmy di Pasar Limun, misalnya.  Menurutnya, ia juga sangat diuntungkan dengan keberadaan wastafel dan air tandon dari Komunitas Relawan Bobby Nasution. Pria berusia 38 tahun ini berkelakar bahwa setelah para pengunjung mencuci tangan, mereka pasti membutuhkan tisu sehingga dagangannya semakin laris. Namun, secara umum ia sangat senang bahwa keberadaan tandon air dan wastafel merupakan solusi terbaik untuk pencegahan tersebarnya virus corona.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Mak Surip. Penjual ikan asin yang sudah lama berdagang disitu sangat senang dengan inisiatif Bobby. Menurutnya, Bobby dapat menjadi pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Kota Medan, karena selalu memperhatikan rakyat kecil. Sebelumnya, Mak Surip juga tak kalah khawatir dengan tingginya penyebaran virus corona di pasar tradisional.

Komunitas Relawan Bobby Nasution yang berbendera ReBorn dan BonDan juga bangga karena sudah melaksanakan instruksi Bobby. Menurut ketua tim ReBorn, Suwarno, tim relawan harus amanah untuk melakukan semua kegiatan sosial yang menjadi inisiatif Bobby Nasution. Ia berpendapat bahwa tandon air dengan kapasitas 500 liter itu sudah sangat sesuai untuk keperluan pedagang dan pengunjung pasar setiap harinya.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Sebagai calon Wali Kota, Bobby menyadari bahwa masyarakat Medan memerlukan sarana terbaik untuk tetap menjaga kesehatan. “Selain menggunakan hand sanitizer, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sekarang merupakan kewajiban. Untuk itu, kita siapkan tandon air dan wastafelnya untuk digunakan warga saat berada di pajak (pasar tradisional)” ucap ayah dari Sedah Mirah Nasution itu pada Sabtu, 13 Juni 2020

Komunitas Relawan Bobby Nasution selama ini selalu melaksanakan kegiatan sosial dari prakarsa Bobby Nasution. Mereka juga mendapat dukungan dari warga yang tak ragu mendukung Bobby sebagai ‘The Next Mayor ‘ atau Wali Kota Medan periode berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here