Kopasude Berkolaborasi Demi Pulihnya Sungai Deli Bersama Komunitas Relawan Bobby Nasution
Kopasude Berkolaborasi Demi Pulihnya Sungai Deli Bersama Komunitas Relawan Bobby Nasution

Kolaborasi Medan Berkah –  Komunitas Relawan Bobby Nasution turut mendampingi Bobby saat memanfaatkan libur akhir pekan 4 Juli 2020 lalu.  Calon Wali Kota Medan ini menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama dengan Komunitas Peduli Anak Sungai Deli.

Kopasude, sebutan mereka, mengajak Bobby dan tim untuk menyusuri Sungai Deli dengan berperahu karet.  Kesempatan ini mereka pergunakan pula untuk bercengkrama dengan anak-anak yang berdomisili di tepi Sungai Deli.

Momen mengasyikkan ini dimanfaatkan Bobby untuk melihat karya-karya Kopasude, sesaat sebelum ia menikmati serunya naik perahu karet di Sungai Deli. Kopasude menunjukkan sebuah sanggar yang merupakan wadah pendidikan non formal. Tentu, wadah ini diperuntukkan bagi para bocah yang tinggal di sekitaran Sungai Deli itu.  Mereka mendapatkan pelajaran dari tim Kopasude, minimal tiga kali seminggu.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Warga kampung Badur menyambut antusias, karena mereka sudah lama ingin dikunjungi oleh kandidat kuat Wali Kota Medan ini. Bobby pun sempat beramah tamah dengan mereka, sebelum akhirnya naik perahu karet lagi untuk menuju Homestay milik Kopasude yang berjarak dua kilometer.

Sebelum mencapai Homestay di Jalan Palang Merah Medan, ia duduk bersama Agung, ketua Kopasude. Mereka akrab berbincang tentang sungai Deli, dimana Agung memberikan banyak sekali informasi tentang Sungai Deli yang sesungguhnya.

Perbincangan berlanjut di Homestay, dimana Agung memaparkan fakta tentang banyaknya penggusuran kepada rakyat kecil.  “Padahal mereka hanya masyarakat kecil yang tidak punya tempat selain di pinggiran Sungai Deli. Membangun sebuah rumah panggung kecil dan sedikit saja menghasilkan limbah rumah tangga,” jelasnya.

Agung memberikan argumen bahwa di bagian lain di sekitar sungai, pemilik usaha dengan gedung-gedung mereka turut berkontribusi akan penumpukan limbah. Terlebih, mereka memanfaatkan lahan yang terdapat di Daerah Aliran Sungai untuk pembangunan perluasan kantor.

Agung berujar bahwa hal ini mengakibatkan Sungai Deli menyempit, dimana lahan dangkal penuh dengan limbah. “Sudah beberapa pemimpin kita ajak juga menyusuri Sungai Deli melihat permasalahan yang ada. Tapi setelah itu tidak ada tindak lanjut,” paparnya kepada Bobby.

Kopasude sangat mengharapkan Wali Kota yang bijaksana. Wali Kota Medan berikutnya harus dapat menyelamatkan areal daerah aliran sungai Deli, terutama dari paparan limbah industri serta perkantoran.

Agung berujar bahwa resapan air dapat dilakukan dengan menanam pepohonan di lahan kosong seluas 35 hektar di tepi Sungai Deli. Selama ini, banjir yang terjadi di Medan merupakan akibat rusaknya lingkungan sekitar sungai tersebut.  “Pemimpin yang cinta lingkungan dan peduli sosial, pemberani. Itulah sosok Walikota yang kita butuhkan saat ini,” papar Agung.

Apresiasi ditunjukkan Bobby. Secara khusus, ia berharap akan penguatan kolaborasi tim Kopasude dengan banyak pihak, demi peningkatan kemampuan dedikasi tim untuk lingkungan.   “Kawan-kawan di Kopasude sudah berbuat sejauh ini sejak 2014 untuk melestarikan dan melakukan pendidikan kepada anak-anak di sekitar Sungai Deli. Saya sangat mengapresiasi,” paparnya.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Giatkan Kolaborasi Pola Pikir Kaum Millennial

Bobby memahami kesenjangan ekonomi di kawasan tersebut. Memang, banyak masalah muncul, dari anak putus sekolah, kriminalitas—terutama peredaran narkoba. serta kualitas gizi anak-anak di tepi Sungai Deli. “Masalah banyak tadi sudah saya dengar dan lihat langsung. Bukan masalahnya yang besar tapi upaya kita berkolaborasi dengan semua pihak untuk menyelesaikan satu persatu masalah yang kita alami,” katanya.

“Ini adalah tanggungjawab kita bersama, hingga bagaimana masyarakat disini dapat diberdayakan agar bisa meningkatkan kesejahteraannya. Maka sangat perlu kolaborasi dari kita semua agar anak-anak generasi penerus bangsa dari tepi Sungai Deli mendapatkan gizi yang baik, pendidikan yang berkualitas, dan terhindar dari tindak kejahatan narkoba.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here