Kunjungan E-Learning UMSU Bobby Nasution Siap Berkolaborasi Memajukan Pendidikan
Kunjungan E-Learning UMSU: Bobby Nasution Siap Berkolaborasi Memajukan Pendidikan

Kolaborasi Medan Berkah –  Komunitas Relawan Bobby Nasution selalu mengusung slogan dari Bobby Nasution, yaitu Kolaborasi Medan Berkah. Kemanapun mereka beraktivitas bersama masyarakat, semua ide positif Bobby Nasution siap didukung penuh. Hal tersebut adalah bentuk kolaborasi yang dapat mewujudkan kepentingan bersama, yakni menuju Medan lebih baik.

Kolaborasi Medan Berkah adalah visi utama Bobby Nasution yang sedang mencalonkan diri sebagai Wali Kota Medan.  Karena itulah, ia menyempatkan diri untuk mengunjungi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sebagai seseorang yang pernah mendapatkan didikan dengan sistem pendidikan yang sama, ia menyatakan kebanggannya. Ia berharap dapat melakukan kolaborasi dengan kaum civitas akademika di UMSU.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Giatkan Kolaborasi Pola Pikir Kaum Millennial

Kunjungan ke UMSU 30 Juni 2020 tersebut disambut gembira oleh jajaran di kampus yang berada di jalan Mukhtar Basri, Medan  itu. Salah satunya adalah Agussani. Rektor UMSU itu berbincang dengan Bobby tentang banyak hal. Beberapa diantaranya adalah sistem pembelajaran secara daring yang nantinya akan berlangsung hingga awal tahun depan.

Menurut Agussani, proses pendidikan mulai penerimaan serta orientasi mahasiswa baru masih menerapkan sistem daring.  “Jadi jumpa mahasiswa baru nanti di tahun 2021. Itu akan dilakukan proses pembelajaran tatap muka,” paparnya.

Agussani juga menjelaskan tentang adaptasi baru atau new normal. Ia menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama untuk anggota civitas akademika. Protokol tersebut antara lain adalah menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun saat di kantor atau menggunakan hand sanitizer saat di luar.

Berbagi peralatan kerja dan makan juga dilarang.  “Begitu juga untuk beribadah. Harus jaga jarak aman antar teman kantor dan tidak boleh ngantor ketika sakit, atau suhu badan diatas 37,3 celsius,” lanjutnya.

Rektor UMSU juga berbangga dengan peningkatan pesat dari kampus ini. UMSU saat ini menduduki peringkat pertama dari semua perguruan tinggi swasta di Sumatera. UMSU juga merupakan PTS kedua yang mendapat akreditasi A di luar pulau Jawa.  “Kami terus berbenah diri. Mimpi sampai 2033 bisa menjadi world class university. Tahun 2018 – 2023, target kami ingin dapat the best nasional. Alhamdulillah tercapai,” lanjutnya.

Muhammad Arifin, Wakil Rektor I UMSU juga turut mendampingi Bobby Nasution, sembari menjelaskan perihal program pembelajaran daring. Menurut Arifin, UMSU memberlakukan e-learning, sejak pandemi baru merebak hingga new normal.  UMSU juga selalu menerapkan sistem pembelajaran yang sesuai dengan instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“UMSU mempersiapkan sistem e-learning sesuai petunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada kendala-kendala yang akan kita hadapi memang. Tapi Insya Allah dapat kita lalui sebaik-baiknya,” lanjutnya. Ia juga menjelaskan sedikit kendala tentang kurangnya pemanfaatan Teknologi Informasi di kalangan dosen. Beberapa dosen masih belum dapat memaksimalkan manfaat teknologi digital, yang sangat vital untuk e-learning.

Arifin menegaskan bahwa pihak universitas terus mensosialisasikan kemudahan teknologi informatika. “Dimana, dalam setiap aktivitas daring, ada operator yang kita siapkan untuk membantu dosen dalam mempersiapkan proses pembelajaran,” katanya.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya sudah melakukan e-learning, baik pembelajaran maupun ujian, dan terus menyesuaikan dengan kondisi terbaru. Sistem e-learning akan terus diberlakukan hingga tahun ajaran baru, termasuk metode penerimaan mahasiswa baru juga.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

“Banyak pembelajaran yang bisa kita petik dalam pandemi Covid-19 ini. Diantaranya, kita memang lebih mengintensifkan pengenalan sistem IT. Pembelajaran pun menggunakan sistem IT,” pungkasnya.

Saat mengakhiri ajang silaturahmi ini, Bobby Nasution berharap semua anggota civitas akademika UMSU dapat berkolaborasi dengannya, dengan memberikan kontribusi intelektual mereka  “Saya mengharapkan bantuan dan masukan dari para pendidik di UMSU, agar bisa berkolaborasi dalam membangun pendidikan di Kota Medan, khususnya,” pungkas Bobby.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here