Pakar Bahasa: Karakter Bobby Tenang, Namun Tegas Sesuai Gaya Bahasa
Pakar Bahasa: Karakter Bobby Tenang, Namun Tegas Sesuai Gaya Bahasa

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution selama ini sudah sangat dekat dengan Bobby. Mereka pun sudah mengenal karakter Bobby secara jelas, karena memang Bobby memiliki karakter yang tulus dan tidak pernah berpura-pura. Hal ini ternyata juga terbaca oleh salah satu pakar bahasa, yang mengamati bagaimana Bobby berpidato dengan bahasa normatif, serta raut muka yang tenang.

Sosok Bobby memang dikenal tenang dan berpikir panjang dalam mengambil keputusan. Tidak hanya itu, ia juga selalu berbicara langsung pada pokok pembicaraan dan tidak bertele-tele. Komunitas relawan selama ini sangat mengagumi Bobby yang memang selalu berdiskusi dengan gamblang dan tidak membuang waktu.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Seorang pakar bahasa ternama, Suyadi San, M.Si., juga dapat dengan mudah menilai Bobby dari tutur bahasa yang diungkapkan melalui pidatonya. Akademisi Universitas Negeri Medan ini berani menilai setelah ia melihat sendiri video tentang pidato dari Bobby. Pidato itu sangat viral di media sosial. dimana Bobby berpidato setelah ia dan Aulia mendapat rekomendasi resmi Partai PDI Perjuangan yang mendukung pencalonannya.

Gaya Bobby percaya diri pada pidato tersebut terlihat jelas. Mengenakan seragam merah PDI Perjuangan, Bobby terlihat santai, tetapi serius dan tidak terlalu banyak menata kata sehingga pidatonya terkesan lugas, dan tidak bertele-tele. Padahal, video yang hanya dua menit itu seharusnya cukup singkat untuk sebuah pidato. Tetapi, video singkat dengan pidato yang tidak terlalu banyak tersebut dapat dipahami dengan mudah, karena pemilihan bahasa yang lugas serta normatif.

“Kalimat tersusun rapi. Sikapnya tenang. Tidak berapi-api. Pengucapan konsep Medan Berkah masih terlihat datar,” jelas Suyadi San saat bertemu wartawan, 18 Agustus 2020 kemarin. Suyadi melanjutkan dimana pidato Bobby sangat mudah dipahami siapa saja. “Sampai. Dan, mudah dipahami. Bahasanya lugas. Tidak bertele-tele,” tegas Suyadi San.

Suyadi sendiri pernah menjadi seorang jurnalis. Namun, sebagai seorang akademisi, ia juga memahami bagaimana seseorang dapat dinilai karakternya, berdasarkan pemilihan bahasa, sekaligus cara bicaranya.  “Politikus terbiasa bermain kata. Pengusaha terbiasa kerja. Tampaknya, si penutur (Bobby) ini bukan tipe politikus, tapi pekerja; sehingga kalimat yg muncul terlihat apa adanya,” sambungnya.

Pria yang juga pemimpin Sanggar Teater Generasi Medan tersebut berujar bahwa penyampaian Bobby menggunakan kalimat yang sangat serius, lengkap dengan intonasi yang menunjukkan tingginya tekad. “Oya, tekanan dinamik, aksentuasi dan lagu kalimat menunjukkan vitalitas berbahasa. Mungkin ini bukti kebulatan tekad untuk menunjukkan diri si penutur ingin bersungguh-sungguh berbuat,” lanjut Suyadi.

Secara khusus, Suyadi berpesan kepada calon Wali Kota Medan ini. Ia berharap Bobby dapat tersebu mempertahankan gaya bicara santun ini. “Bahasa adalah lambang berpikir. Kesantunan diri akan terlihat dari kesantunan berbahasa. Teruslah berbahasa santun kepada lawan atau mitra bicara,”  pungkas Suyadi San.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Adapun isi pidato tersebut adalah rasa terima kasih Bobby Nasution atas kepercayaan yang diberikan oleh Megawati Soekarnoputri, sebagai Ketua Umum PDI-Perjuangan. Ia juga senang dapat berpasangan dengan sosok yang tepat yaitu Aulia Rahman.  Ia berujar bahwa #KolaborasiMedanBerkah adalah inspirasi utama dari Soekarno, presiden pertama RI yang selalu menggiatkan gotong royong antar semua masyarakat Indonesia.  “Semangat kolaborasi ini akan kami jadikan penguatan bagi seluruh partai untuk menciptakan New Medan,” kata Bobby.

Bobby menjelaskan bahwasanya masyarakat harus dapat menyesuaikan dengan Pilkada 2020 mendatang. Pasti akan ada pemberlakuan protokol kesehatan saat melakukan proses pemungutan suara. Ia sangat berharap kerjasama masyarakat akan hal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here