Puskesmas Pasar Merah
Puskesmas Pasar Merah Apresiasi Bantuan APD dari Bobby Nasution

Kolaborasi Medan Berkah – Puskesmas Pasar Merah, Medan, mendapatkan kunjungan dan bantuan berupa alat pelindung diri dari Bobby Afif Nasution pada 17 April 2020. Ya, kunjungan tokoh muda asli Medan tersebut bukan sekedar kunjungan biasa, karena Bobby menyerahkan seperangkat APD atau alat perlindungan diri bagi tim medis.

APD merupakan kebutuhan prioritas bagi tim medis puskesmas yang selalu dipenuhi pasien di kawasan sekitarnya. Tim medis dari puskesmas inipun memberikan respon sangat positif, karena pemberian APD sangat besar manfaatnya bagi mereka.

Bantuan diterima oleh petugas medis dari puskesmas Pasar Merah yang terletak di jalan Jl. HM Joni 104. Bantuan ini, menurut Bobby, hanya sementara dimana nantinya akan ada lagi bantuan APD jika memang puskesmas Pasar Merah membutuhkannya.  Dengan kata lain, Bobby siap memberikan bantuan seperangkat alat pelindung diri selama pandemik Covid masih menghantui kota Medan.

APD Menjadi ‘Senjata Utama’ Tim Medis Puskesmas Pasar Merah

Peran penting dari alat perlindungan diri ini menjadikan petugas puskesmas sebagai pihak yang harus dibantu. Pasalnya, petugas puskesmas menerima pasien dengan berbagai macam sakit penyakit, terutama penyakit yang merupakan gejala awal dari penderita Covid-19.

Meskipun petugas medis di puskesmas tak secara langsung menangani pasien dengan penyakit tersebut. Namun petugas medis yang tidak mengenakan APD rentan mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Puskesmas Tuntungan Apresiasi Tinggi Bantuan APD dari Bobby Nasution

Alat perlindungan diri lengkap sangat dibutuhkan oleh puskesmas Pasar Merah, dimana Bobby memberikannya sebagai bentuk kepedulian. Sebagai warga Medan, Bobby berharap bahwa bantuan ini membantu tugas garda depan di kota Medan untuk mencegah penyebaran virus lebih luas.

Tim medis di puskesmas juga bertindak sebagai garda depan dalam memberikan bantuan langsung kepada pasien yang akhirnya dilarikan ke rumah sakit rujukan pasien penderita Covid-19.  Petugas puskesmas pada umumnya juga tidak mengenakan APD secara lengkap karena keterbatasan persediaan.

Medan Masih Termasuk Zona Merah Penyebaran Virus Covid-19

Jumlah penderita Covid-19 di kota Medan masih cukup tinggi hingga di awal bulan Juni 2020 ini. Indikasi ini merupakan pertanda bahwa petugas medis di berbagai puskesmas harus tetap mendapatkan sarana memadai.

Dalam hal ini, tentu kelengkapan alat perlindungan diri yang memadai. Petugas puskesmas menangani pasien apapun dengan jarak dekat, karena memang pasien yang sangat banyak serta ruang-ruang puskesmas yang tidak terlalu besar ketimbang rumah sakit.

Baca Juga: Puskesmas Simalingkar Dapat Bantuan APD Dari Bobby Nasution

Slogan Kolaborasi Berkah Medan yang digaungkan oleh Bobby dan timnya memang bukan sekedar kata-kata. Hati nurani mereka terketuk karena tim medis harus tetap melayani pasien secara profesional, meski dengan peralatan APD terbatas. Karena itu, Bobby dan tim siap memberi bantuan yang paling dibutuhkan oleh tim medis hingga semua puskesmas mendapatkan cukup bantuan. Dukungan terbaik memang wujud nyata bantuan yang dibutuhkan saat diperlukan.

Selain Puskesmas Pasar Merah, Ada Juga Bantuan Nyata Masyarakat

Himbauan dari Bobby kepada warga kota Medan adalah supaya mereka memberikan bantuan nyata kepada para tim medis, yakni dengan mematuhi protokol kesehatan. Dengan menggunakan masker saat bepergian dan sering mencuci tangan, warga kota Medan telah mengurangi jerih lelah dari tim medis.

Bobby juga menghimbau warga untuk menghindari tempat-tempat kerumunan, bahkan tidak perlu pergi jika benar-benar tidak perlu. Selain itu, kesehatan diri sendiri juga perlu diperhatikan dengan mengatur pola hidup sehat.

Dalam kesempatan ini, Bobby juga menghimbau tim medis di puskesmas mana saja, terutama di kota Medan untuk menjaga kesehatan. Asupan gizi dan vitamin harus diperhatikan, selain memiliki pola hidup sehat sehari-hari. Perwakilan tim medis puskesmas Pasar Merah juga sangat mengapresiasi bantuan dari Bobby dan tim karena mereka memang benar-benar memerlukan APD ini, dalam jumlah yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here