puskesmas simalingkar
Puskesmas Simalingkar Dapatkan Bantuan APD Dari Bobby Nasution

Kolaborasi Medan Berkah – Puskesmas Simalingkar mendapatkan bantuan alat pelindung diri atau APD dari calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution pada 17 April 2020. Tentu saja bantuan ini disambut gembira oleh jajaran petugas medis di puskesmas yang terletak di jln Bawang Raya no 37, Medan ini.

Bantuan APD ini tentu memberikan kontribusi besar akan kelancaran para petugas medis di puskesmas Simalingkar. Di mana puskesmas tersebut saat ini selalu kebanjiran pasien,  yang kebanyakan memiliki gejala-gejala pasien terjangkit virus corona. Hal ini tentu beresiko terhadap para petugas medis, apabila mereka tidak memiliki alat perlindungan diri.

Prioritas Utama adalah Keselamatan Garda Terdepan

Menurut Bobby Nasution, pihaknya saat ini memprioritaskan bantuan dalam bentuk APD  karena memang alat perlindungan diri sangat mendesak. Terutama bagi petugas puskesmas yang selalu turun ke lapangan.

Selain memberikan penyuluhan kepada warga di seluruh desa di kecamatan Simalingkar, mereka juga aktif mendatangi rumah-rumah warga. Adapun yang dimaksud yaitu mereka yang dianggap berpotensi terpapar virus corona. Terutama mereka yang berusia lansia, atau yang kesulitan mengakses kendaraan ke puskesmas.

Bobby, sebagai salah satu tokoh muda di ibukota Sumatera Utara ini, merasa prihatin apabila pandemik Covid-19 tidak kunjung usai di kota Medan, serta wilayah di sekitarnya. Pasalnya, pemerintah pusat bahkan sudah hendak memberlakukan tatanan hidup baru. Dimana ini  lebih dikenal sebagai New Normal. Harapan pemerintah pusat adalah pemberlakuan ini berlaku di seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Oleh karena itu, Bobby akan selalu memerhatikan keperluan warga Medan, terutama di bidang kesehatan. Pasalnya, bidang kesehatan di propinsi Sumatera Utara—khususnya di kota Medan—sedang mengalami keterpurukan. Medan, sebagai ibukota Sumatera Utara , harus memberikan teladan kepada wilayah di sekitarnya dalam usaha memutus rantai penyebaran corona.

Upaya pemberian APD ini akan terus berlanjut ke berbagai puskesmas di seluruh kota Medan, hingga kebutuhan APD tercukupi. Sampai saat ini,  bantuan dalam bentuk alat perlindungan diri akan terus dibutuhkan oleh petugas medis.

Utamanya adalah di berbagai puskesmas dan klinik. Mengapa demikian? Karena masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan pasti mendatangi puskesmas. Ya, mereka sekedar untuk memeriksakan diri sebagai awal pencegahan terjangkit Covid-19.

Namun, para petugas medis juga sangat terbantu apabila warga juga bersikap aktif dalam menjaga kesehatan dirinya. Misalnya dengan memeriksakan diri secepatnya apabila mereka merasakan gejala-gejala ringan sekalipun.

Selain Puskesmas Simalingkar, Ada Bantuan Kepada Warga Terdampak

Bobby juga memberikan bantuan ratusan nasi kotak gratis setiap hari kepada warga kota Medan yang memerlukan bantuan. Terutama mereka yang bekerja di sebagai pengemudi ojek berbasis aplikasi. Selain itu, ada juga supir angkot, becak motor dan juga beberapa pedagang kaki lima yang kehilangan banyak pelanggan karena dampak PSBB.

Baca juga: Bobby Nasution Berikan Bantuan Kepada Mualaf yang Hidup Sebatang Kara

Tidak hanya itu, bantuan sembako juga mengalir untuk beberapa warga miskin. Ia berharap bantuan dalam bentuk nasi kotak dan sembako ini dapat meringankan banyak warga, yang telah kehilangan mata pencaharian. Juga penurunan pendapatan karena berkurangnya aktifitas perdagangan selama kurang lebih dua bulan.

Namun demikian, Bobby berharap bahwa warga dapat menunjukkan kerjasama yang baik serta bahu membahu untuk dapat segera memulihkan kota Medan dari serangan pandemic. Tentu caranya adalah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Selain itu, mereka tetap harus menjaga diri dengan menjaga pola hidup sehat, serta menjaga kebersihan lingkungan.  Dengan memberlakukan kedisiplinan diri—sambung Bobby—maka warga sudah membantu para petugas medis serta aparat keamanan untuk dapat benar-benar memutus mata rantai penyebaran virus corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here