ReBorn Dukung Bobby Gagas Tjong A Fie Mansion Untuk Event Internasional
ReBorn Dukung Bobby Gagas Tjong A Fie Mansion Untuk Event Internasional

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution  turut memberikan dukungan kepada Bobby Nasution untuk menjadikan Tjong A Fie Mansion sebagai tempat untuk menggelar event internasional.  Kepedulian Bobby akan situs bersejarah ini terwujud dari kunjungannya ke bangunan bersejarah di Jalan Kesawan Medan tersebut, 24 Juli 2020 silam.

Tjong A Fie Mansion merupakan salah satu bangunan historis di Kota Medan, dan baru diresmikan sebagai situs wisata. 10 tahun lalu, tepatnya 2010.  Namun, karena pengelolaan gedung yang masih belum maksimal, kunjungan turis juga tidak memberikan kontribusi besar untuk biaya perawatan karena memang kurangnya atensi masyarakat. Padahal, bangunan yang didirikan di abad 19 ini berpotensi menarik turis lebih banyak, sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Pemerintah Kota Medan hanya memberikan bantuan berupa cat serta lampu, dimana untuk perawatan rumah murni merupakan biaya pemilik, alias cucu Tjong A Fie, dan juga tiket masuk yang hanya Rp35.000.“Sejak dibuka untuk umum, tiketnya gak naik. Uda 10 tahun,” kata Mimi, cucu kandung Tjong A Fie.   Padahal, perawatan rumah sebesar ini tentu juga sangat tinggi.

Sebagai pengelola bangunan ini, Mimi berujar bahwa kendala dari rumah ini adalah kebocoran yang ada di berbagai sudut.  Menurutnya, gedung ini perlu renovasi maksimal, demi mencegah kelapukan.  “Saya ingin melihat bangunan ini direstorasi besar-besaran tanpa mengubah bentuk dan nilai sejarahnya. Itu yang ingin saya lihat,” tegasnya.

Mimi memandu  Bobby beserta tim saat kunjungan mereka ke rumah megah dengan luasan luas 8000 meter persegi itu. Rumah mantan saudagar ternama di Medan tersebut memang terlihat mewah di masanya. Bahkan saat ini, interior di dalam rumah tersebut masih terlihat anggun, dengan furnitur dan koleksi barang antik lainnya yang tertata rapi.

Tjong A Fie merupakan tokoh dermawan yang selalu ringan tangan dalam membantu siapa saja, tanpa melihat perbedaan. Ia juga merupakan salah satu penyumbang terbesar Masjid Raya Medan, masjid di Gang Bengkok, serta beberapa masjid lainnya. Hal ini berarti, Tjong A Fie memiliki jiwa untuk berkolaborasi dengan siapa saja, untuk mewujudkan pembangunan Kota Medan. Seiring dengan visi #KolaborasiMedanBerkah, Bobby pun ingin berkolaborasi dengan banyak pihak untuk dapat memperbaiki gedung ini sehingga menjadi gedung bertaraf internasional.

Setelah melihat-lihat Tjong A Fie Mansion, Bobby secara terus terang akan meningkatkan kualitas kunjungan untuk bangunan bersejarah ini. Ia bahkan akan menggelar beberapa event internasional di rumah ini, tentu setelah rumah ini mendapatkan renovasi yang pantas.  Bobby beranggapan bahwa Kota Medan sangat kaya dengan bangunan historis. Semuanya memiliki unsur yang khas, dimana kondisi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

“Jelas Tjong A Fie ini kebanggaan kota Medan. Kita harus ada perhatian khusus untuk bangunan-bangunan bersejarah seperti ini,” ungkapnya. “Tjong A Fie Mansion ini layak sekali menjadi tujuan wisata sejarah. Kita dorong juga anak muda untuk peduli sejarah dengan datang kesini. Saya juga kepikiran untuk buat festival internasional disini. Mudah-mudahan dapat kita wujudkan, sehingga ini bisa jadi ikon Kota Medan.”

Kepedulian Bobby akan bangunan historis di Medan juga ia tunjukkan saat mendatangi  TipTop Restoran.  Restoran yang satu ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Fenomena ini membuktikan dimana Bobby merupakan tokoh pemuda dengan kepedulian tinggi akan sejarah. Kiprahnya sebagai seorang tokoh muda yang peduli dengan sejarah kotanya sendiri tentu perlu dicontoh anak-anak muda di Kota Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here