ReBorn Yakin Pedagang Pasar Tradisional Sejahtera Bersama Bobby Nasution – Aulia Rahman
ReBorn Yakin Pedagang Pasar Tradisional Sejahtera Bersama Bobby Nasution – Aulia Rahman

Kolaborasi Medan Berkah – Komunitas Relawan Bobby Nasution  sering sekali menyerap aspirasi warga Kota Medan, tak terkecuali para pedagang di pasar tradisional. Mereka sudah mendengarkan sebagian besar pendapat bahwa para pedagang menginginkan perubahan sistem pemerintahan, yang peduli dengan kehidupan perekonomian mereka.

Selama ini, pemerintah Kota Medan masih belum berpihak dengan nasib para pedagang pasar tradisional. Masalah umum yang terjadi adalah pasar yang tidak terurus, pungutan liar serta pedagang ilegal di luar pasar yang menghambat para pembeli untuk berbelanja di dalam pasar. Padahal, para pedagang tersebut mengeluarkan uang untuk membayar sewa kios dengan harga yang tidak murah.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Bobby Nasution juga sering menyempatkan diri berjalan-jalan ke pasar tradisional untuk berbelanja kebutuhan pokok. Giliran Pasar Sei Sikambing yang didatangi oleh Bobby 28 September 2020 lalu. Kehadiran menantu orang nomor satu di Indonesia ini tentu disambut antusias oleh para pedagang. Mereka memang sangat ingin bertemu langsung dengan Bobby, sekaligus menyatakan uneg-uneg mereka.

Salah seorang perempuan memohon kepada Bobby untuk memberikan solusi. “Tolong la Bou, susah kami. Jualan gak laku, anak harus dikasih makan,” isaknya. “Bantuan apapun kami tidak dapat. Jadi kami makin terpuruk di pandemi Covid-19 ini.”

Hal yang sama juga dikatakan salah satu pedagang sayur, Farida. “Sepi pengunjung, tolong cari solusinya,” katanya yang mengeluhkan sering membuang sayur dagangan karena tidak laku. Hal ini juga diungkapkan hampir semua pedagang yang ditemui Bobby dan Relawan Bobby Nasution atau ReBorn, seperti pedagang sepatu, sembako, penjual ikan, ayam serta kelapa ukur. Bobby juga menerima formulir aspirasi.

“Kita crosscheck. Dari dua bulan yang lalu tim kita bergerak turun kita dengar lagi aspirasi pedagang pasar sama tidak hasil data yang telah dikumpulkan, dan 95% sama,” kata Bobby. “Banyak pedagang yang mengaku untuk membayar iuran saja kesulitan lantaran sepi pengunjung, untuk kebutuhannya per bulan pun kurang. Ini kita kaji bagaimana bisa membentuk koperasi bagi pedagang pasar.”

Bobby juga mengatakan bahwa kunjungan ke pasar juga ia manfaatkan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan. “Yang tidak menggunakan masker kita ingatkan pentingnya kesehatan, bagaimana menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19, ”jelasnya.

Selama ini, Bobby memang selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional, sehingga dapat meningkatkan roda perekonomian daerah, sekaligus menambah pendapatan para pedagang kecil tersebut. Terlebih, Bobby juga berniat mengaktifkan ekonomi kerakyatan, melalui pegiat UMKM dan juga pedagang pasar tradisional.

Setelah mendengar pendapat mereka, Bobby berkata bahwa banyak program yang sudah ia rancang untuk mengorganisir kebutuhan pasar tradisional di seluruh Kota Medan. Program ini tidak hanya untuk mendata para pedagang, tetapi juga tata ruang pasar tradisional yang ada disini.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Bobby juga berkata bahwa ia bakal fokus dengan ketertiban di pasar. Menurutnya, pasar harus mensejahterakan pedagang. Ia ingin manajemen pasar dapat bertindak tegas, sehingga ada penentuan siapa saja yang berdagang di luar pasar dan di dalam pasar.  Pembiaran oknum selama ini masih sering terjadi.

Kesimpulan yang dapat diambil Bobby adalah tata tertib yang harus memiliki sanksi tegas bagi pelanggar. Hal ini harus dilakukan demi keadilan para pedagang yang ada di dalam pasar. Para pedagang pun tidak ragu jika nantinya Bobby Nasution – Aulia Rahman dapat meningkatkan kesejahteraan mereka, melalui program-program mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here