UMKM Single Parent Dapat Perhatian Besar dari Bobby dan Komunitas
 UMKM Single Parent Dapat Perhatian Besar dari Bobby dan Komunitas

Kolaborasi Medan Berkah – Mungkin sudah biasa jika kita mendengar bahwa Komunitas Relawan Bobby Nasution membentuk usaha mikro kecil menengah. Namun, mereka memberikan perhatian lebih untuk UMKM yang digerakkan oleh para ibu tunggal atau yang lebih dikenal dengan single parent.  Bentukan UMKM ini juga merupakan inisiatif dari Bobby yang memang selalu memberi perhatian untuk segala bentuk usaha kecil dan menengah.

Apresiasi Bobby untuk UMKM para ibu yang berstatus ibu tunggal ini sangat tinggi. Ia mengaku kagum dengan upaya para ibu tersebut, yang tidak menyerah dengan keadaan. Karena itulah, Bobby menunjukkan simpatinya dengan memberikan dukungan, baik modal maupun wadah tersendiri untuk dapat melakukan ekspansi penjualan produk.

Baca Juga: Bobby Nasution: Kolaborasi Medan Berkah Sebagai Kota Saudagar Pasti Terwujud

Bentuk perhatian Bobby adalah dengan berkunjung ke stand UMKM tersebut. Ia meluangkan waktu untuk datang ke stand, dimana para ibu tunggal tersebut memasarkan dagangannya. Bobby datang pada 22 Juli 2020,  setelah menjadi tamu kehormatan pada acara pelantikan sekaligus deklarasi Relawan Anak Medan Bobby (Rambo). Acara pelantikan salah satu komunitas relawan tersebut digelar di Favorit Cafe, di kawasan Jalan Gaperta  Ujung.

Pastinya, kehadiran Bobby langsung disambut oleh para ibu-ibu yang sangat menggemari calon wali kota yang satu ini. Mereka bangga mendapatkan kunjungan sekaligus apresiasi. Bobby membeli banyak produk, terutama produk yang unik seperti  masker dari kain ulos, jamu, telur asin dan macam-macam produk lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bobby menyatakan dukungan kepada para ibu tunggal, yang harus berjuang untuk mencari nafkah.  “UMKM seperti ini harus dikembangkan, sehingga nantinya bisa benar-benar menjadi garda ekonomi negara,” kata Bobby.

Bobby sendiri memahami bahwa perekonomian daerah dapat memberi kontribusi signifikan untuk perekonomian negara. Karena itulah, negara yang makmur harus memiliki daerah-daerah yang produktif, dengan masyarakat yang inovatif dalam menjalankan usahanya.

Sebagai pencetus #KolaborasiMedanBerkah, Bobby konsisten untuk memberi dukungan dalam bentuk kolaborasi. Ia berharap bahwa nantinya para pelaku UMKM juga bisa saling kerjasama dalam membangun jaringan bisnis.

UMKM yang mewadahi para ibu tunggal ini mendapatkan atensi lebih dari Bobby, karena ia ingin memajukan kesejahteraan anak-anak yang mereka besarkan.  “Ibu tunggal memiliki beban yang berat, apalagi jika memiliki jumlah anak yang cukup banyak. Hal ini adalah salah satu masalah besar di perkotaan, tapi jarang tersentuh dan mendapat perhatian,” katanya. Ia memang akan memberikan perhatian saat ia mendapat amanah sebagai Wali Kota Medan periode berikutnya.

Lebih lanjut, Bobby menjelaskan program kolaborasi yang akan dilakukannya, saat ia mendapat amanah sebagai Wali Kota Medan. “Jadi beberapa kali kami bertemu dengan teman-teman komunitas UMKM, selalu kami sampaikan bagaimana akan bisa berkolaborasi. Bersama-sama berpegangan tangan untuk berkembang,” tegasnya.

Baca Juga: Komunitas Relawan Bobby Nasution Giatkan Kolaborasi Pola Pikir Kaum Millennial

Ungkapan Bobby akan perhatian untuk UMKM sengaja ia tekankan, dimana selama ini ia menilai bahwa pegiat UMKM di Kota Medan belum banyak bekerja sama. Mereka berjalan sendiri-sendiri, dimana pemerintah juga abai dalam mengorganisir keberadaan mereka.  Padahal, tambah Bobby, kolaborasi sangat penting artinya.  Pegiat UMKM dapat saling mempromosikan, dan juga membantu ketersediaan bahan baku satu sama lain.

“Kalau kita bersama-sama berkolaborasi, Insha Allah teman-teman akan bisa tahu apa yang sebenarnya diinginkan UMKM, sehingga dapat memajukan usahanya,” sambungnya.  “Tapi pemerintah dapat melihat UMKM merupakan tombak perekonomian.  Bobby kembali menekankan bahwa tahun politik, yaitu 2020 perlu dimanfaatkan maksimal oleh pelaku UMKM.  “Harus dimanfaatkan untuk memajukan ekonomi, memajukan kesejahteraan, agar bisa membangkitkan kesejahteraan untuk Kota Medan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here