Wisata Air Terjun Sipiso-Piso dari Bumi Karo
Wisata Air Terjun Sipiso-Piso dari Bumi Karo

Kolaborasi Medan Berkah – Wisata Air Terjun Sipiso – Piso dari bumi Karo, oleh masyarakat dinamakan demikian lantaran debit air yang tercurah terlihat seperti sebilah pisau. Menjadi salah satu tempat wisata wajib bagi warga Medan. Air terjun dikelilingi hutan pinus dan berada di dekat tempat tinggal penduduk dari Desa Tongging. Sehingga oleh warga lokal Sipiso-piso juga kerap disebut Air Terjun Spiso-piso Tongging. Secara keseluruhan Pemda Kabupaten Karo menjadi pihak yang mengelola dan bertanggung jawab atas pengembangan wisata alam tanah Karo satu ini.

Keistimewaan Air Terjun Sipiso-Piso dari Bumi Karo

Keistimewaan Air Terjun Sipiso-piso dari bumi Karo yakni berada di kawasan perbukitan. Dengan ketinggian kurang lebih 120 mtr yang dikelilingi, oleh jajaran pohon pinus yang berdiri menjulang. Membuat air terjun ini mendapatkan posisi sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. Pesonanya yang eksotis mampu membius setiap wisatawan untuk betah menghabiskan waktu.

Jika telah tiba di Desa Tongging, pastikan mengeksplore wisata alam tanah Karo dengan mendaki spot gardu pandang. Dari sana wisatawan bisa menikmati pemandangan Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba.  Bagaimana hijaunya hamparan perbukitan tanah Karo. Air Terjun sendir berdiri sekitar 800 mdpl.

Baca juga: Eksplore Mansion Tjong A Fie, Taipan Besar Kota Medan

Disebut sebagai harta karung tanah Karo, lantaran letaknya yang berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Mengabadikan pemandangan Danau Toba dari sepanjang jalan menuju Air Terju Sipiso-piso bisa menghasilkan jepretan yang anti mainstream.

Untuk bisa mencapai lokasi utama, pengunjung perlu menapaki ratusan anak tangga. Barulah jerih payah wisatawan akan terbayar dengan pemandangan alam di sekitar air terjun tertinggi di Indonesia.

Cara Menuju Lokasi Wisata

Jika berangkat dari Bandara Kualanamu Medan, maka bisa melanjutkan perjalanan menuju pusat kota dengan kereta api. Jika ingin lebih berhemat, maka bis menjadi moda transpotasi andalan.

Baca juga: Lawan Pandemi Covid-19, Bobby Nasution Berikan Bantuan APD ke Puskesmas Sukaramai

Pilih bus yang akan berhenti di Sinabung atau Sutra agar sampai pada rute menuju wisata wajib Karo. Perjalanan dari perhentian bis menuju Desa Tongging membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam. Apabila wisatawan berangkat dalam kelompok, maka akan lebih murah bila menyewa mobil untuk seharian.

Biasanya mobil sudah beserta supir, sehingga tidak perlu khawatir jika tidak mengenal rute perjalanan.  Saat tiba di Kota Medan, rental yang menyewakan mobil untuk perjalanan ke Air Terjun Sipiso-piso sangatlah banyak.

Setibanya di Kecamatan Merek perjalanan masih harus dilanjutkan kurang lebih 1 jam menuju wisata alam tanah Karo. Wisatawan akan berjalan menuruni perbukitan hijau, dengan menggunakan anak tangga. Sehingga perjalanan tersebut bukanlah menjelajah hutan tropis, selayaknya aktivitas trekking.

Baca juga: Bobby Nasution Berikan Bantuan Kepada Mualaf yang Hidup Sebatang Kara

Fasilitas Umum dan Harga Tiket

Toko souvenir khas daerah setempat terlihat berjajar di sepanjang jalan menuju pintu masuk wisata alam tanah Karo. Jika berniat untuk bermalam, maka bisa memanfaatkan homestay di Desa Tongging atau hotel di Kota Kabanjahe.

Jika hendak mengabadikan pemandangan Air Terjun Sipiso-piso, sebaiknya tidak terlalu dekat. Sebab debit air yang jatuh sangatlah deras. Fakta ini mengingatkan pengunjung, bahwa tidak memungkinkan melakukan aktivitas berenang. Harga tiket masuk ke lokasi hanya sebesar Rp 6.000,-.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here